Fitur Baru MotoGP

Dashboard Messages Motor MotoGP, Kantongi Izin Uji Coba

Ahmad Garuda    •    13 Oktober 2016 10:10 WIB
teknologi motogp
<i>Dashboard Messages</i> Motor MotoGP, Kantongi Izin Uji Coba
Sistem penyampaian pesan lewat dashboard motor MotoGP, mulai diuji coba sebelum akhir 2016. Ducati

Metrotvnews.com, Spanyol: Sistem pesan di panel spidometer atau dashboard message di motor MotoGP, sejak pertengahan 2016 gencar diteriakkan oleh Valentino Rossi. Meski sistem tersebut menuai komentar pro dan banyak kontra, namun regulator MotoGP melihatnya sebagai fitur yang mungkin bisa dimaksimalkan.

Fitur ini sebenarnya lebih diperuntukkan saat kondisi-kondisi yang cukup vital seperti balapan flag-to-flag di MotoGP Jerman 2016. Beberapa pembalap terdepan, tidak begitu konsen melihat pit board, sehingga lupa melakukan penggantian ban. Salah satunya adalah Valentino Rossi, sehingga Ia menyuarakan bahwa komunikasi antara kru dan pembalap di balap MotoGP ini, perlu dukungan fitur lain. Seperti pesan singkat melalui panel spidometer.

Regulator MotoGP pun dalam hal ini direksi balap Dorna Sports, kini memberikan izin untuk menguji sistem pesan melalui panel dashboard tersebut. Menurut mereka, ini adalah kemajuan, agar pembalap dan tim bisa menyusun strategi terbaik saat balapan berlangsung. Pengujiannya baru akan dilakukan di sesi tes akhir musim MotoGP, sebelum akhir tahun 2016.

"Kami takkan mencobanya di musim balap 2016 masih berjalan. Proyek ini bakal dimulai di sesi tes musim dingin. Kami ingin memastikan bahwa ini membawa imbas positif di ajang balap MotoGP," ungkap Direktur Balap MotoGP, Mike Webb.

Teknologi ini sudah disepakati oleh semua pihak terkait. Bahkan International Road Racing Teams Association (IRTA) sudah menunggu tim-tim balap di MotoGP untuk mendata apa-apa saja pesan yang umumnya akan mereka komunikasikan ke pembalap. Nantinya ini akan dipermudah untuk dan pastinya akan ada pembatasan.

Tujuannya, agar semua pembalap mudah memahaminya dan tak bingung jika ada perintah yang tertulis di sana. Perintah atau pesan yang bakal disampaikan, bakal berbeda saat sesi latihan dan saat balapan berlangsung.

Webb menilai bahwa teknologi ini jika diteropong lebih jauh, memiliki arti yang cukup besar. Sehingga bisa jadi tonggak pengembangan balap motor duina ini jadi lebih baik.

Jika ditelisik lebih jauh lagi, sebenarnya sistem pesan di panel dashboard motor MotoGP bukanlah hal baru. Sistem ini sudah digunakan tim-tim balap untuk menyampaikan pesan tentang ride through penalty, black flag atau red flag kepada pembalap. Tapi ini risetnya bakal lebih jauh, sehingga mirip seperti komunikasi 1 arah yang intens seperti komunikasi melalui radio.


(UDA)