Jelang MotoGP 2019

Alasan KTM Memilih Dani Pedrosa sebagai Test Rider

Kautsar Halim    •    25 Desember 2018 17:09 WIB
tes motogpMotoGP 2018
Alasan KTM Memilih Dani Pedrosa sebagai Test Rider
Test rider KTM, Dani Pedrosa. (Lillian SUWANRUMPHA / AFP)

Meski berpostur kecil, soal prestasi boleh diadu. Buktinya Pedrosa pernah tiga kali menyelesaikan ajang MotoGP sebagai runner up, yakni pada 2007, 2010 dan 2012.

Jakarta: Pimpinan tim KTM, Mike Leitner, membeberkan alasan pihaknya merekrut Dani Pedrosa sebagai pembalap uji coba (test rider) untuk musim 2019. Salah satu di antaranya karena postur badan.

"Satu hal yang pasti karena ukuran dan berat badannya. Selain itu, dia juga cukup kompetitif dengan pembalap lain. Bagi saya, itu adalah sinyal positif bagi seorang test rider," kata Leitner.

Seperti dilansir Crash.net, berat badan Pedrosa saat ini hanya 51kg atau berselisih 9kg dengan bobot rata-rata pembalap MotoGP lainnya. Selain itu, tingginya juga hanya 158cm.
 

Klik: Momen Terindah Lorenzo Bersama Ducati


Meski berpostur kecil, soal prestasi boleh diadu. Buktinya Pedrosa pernah tiga kali menyelesaikan ajang MotoGP sebagai runner up, yakni pada 2007, 2010 dan 2012. Kemudian, dia juga mampu delapan kali naik podium utama.

Sayang, cita-cita menjadi juara dunia gagal terwujud hingga dia memutuskan pensiun sebagai pembalap MotoGP pada pertengahan musim 2018. Salah satu alasannya karena performa yang makin menurun.
 

Klik: Tinggalkan Honda, Marquez tetap Akan Berprestasi


Sebelum bergabung dengan KTM, Leitner pernah menjadi kepala kru Honda dan bekerjasama dengan Pedrosa dari 2004 hingga 2013. Jadi, dia kenal betul kemampuan Pedrosa dan motornya di lintasan. 

"Pengalaman bekerjasama dengan dia juga sangat baik. Katakanlah ada pembalap yang posturnya lebih tinggi dan berat, tapi mereka harus melewati Pedrosa lebih dulu agar bisa lebih cepat," ujar Leitner.

"Ketika menyediakan motor Casey Stoner atau Marc Marquez juga tidak terlalu sulit. Sebab, Dani bisa dijadikan perbandingan yang baik. Situasi ini membuat saya makin percaya diri untuk mengemban tugas di sini (KTM)," lanjutnya. 

KTM diperkuat Pol Espargaro dan Johann Zarco untuk mengarungi MotoGP 2019. Nantinya, salah satu tugas Pedrosa adalah memberi masukan dalam pengembangan motor mereka berdua. Mika Kallio yang menjadi test rider KTM sebelumnya diganti karena cedera. (Crash)




(KAU)