MotoGP Catalunya

Finis ke-8, Valentino Rossi Salahkan Motor YZR-M1

Kautsar Halim    •    12 Juni 2017 03:39 WIB
valentino rossimotogp 2017
Finis ke-8, Valentino Rossi Salahkan Motor YZR-M1
Valentino Rossi. (Josep LAGO / AFP)

Metrotvnews.com, Catalunya: Pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi mengevaluasi penampilan buruknya pada ajang MotoGP Catalunya, Minggu 11 Juni. Menurutnya, tren negatif itu terjadi karena performa motor YZR-M1 yang kurang mumpuni.

Rossi finis di urutan kedelapan dengan catatan waktu 45 menit 2.339 detik. Torehan itu cukup buruk bagi seorang legenda MotoGP, karena selisih waktunya mencapai lebih dari 20 detik dengan Andrea Divizioso yang keluar sebagai juara.


Klik: Valentino Rossi Sedih dengan Pencapaiannya di Catalunya


Berbicara seusai balapan, Rossi menjelaskan faktor utama adanya tren negatif itu dikarenakan performa motor YZR-M1 yang mudah understeer. Kondisi itu bahkan sudah ia rasakan sejak putaran ke-10.

"Bagi saya, masalah utamanya adalah motor ini lebih mudah understeer. Kemudian kendala itu membesar ke sektor ban belakang. Pada akhirnya, traksi ban belakang jadi bermasalah, khususnya di bagian kanan," jelas Rossi.

"Saya benar-benar sudah dalam masalah ketika balapan baru berlangsung 10 putaran. Sejak saat itu, saya harus lebih sering memperlambat laju," tambahnya.

"Saya sudah mencoba semua cara, tapi sungguh mustahil bisa keluar dari tikungan dengan cepat. Kondisi ini sudah saya rasakan juga sejak mencoba motor baru ini," lanjut Rossi.
 

Klik: Finis Terdepan, Dovizioso Asapi Duo Pembalap Repsol Honda


Understeer adalah kondisi motor yang sulit dikendalikan saat melewati tikungan. Biasanya itu terjadi karena salah satu ban kehilangan traksi atau tarikan.

Ajang MotoGP Catalunya memang sudah terlihat berat bagi Rossi sebelum balapan dimulai. Pasalnya, selain harus start di urutan ke-13, ia juga gagal bersaing di sepanjang sesi latihan bebas.

Sementara itu, Pembalap satelit Yamaha Johann Zarco dan Jonas Folger malah berhasil finis lebih baik ketimbang Rossi dan Maverick Vinales. Keduanya yang sama-sama menggunakan motor YZR-M1 secara berurutan menempati posisi kelima dan keenam. Ternyata menurut Rossi, YZR-M1 yang mereka gunakan ternyata berbeda.

"Itu memang tidak mustahil terjadi karena mereka (Zarco dan Folger) menggunakan motor lama. Menurut pandangan saya, motor itu bisa menikung dengan baik, dan mengurangi tekanan yang ada di ban belakang. Sama seperti di Jerez, di sini mereka juga berhasil lebih cepat dari kami," tutup Rossi. (crash)
 


(KAU)