Jelang MotoGP Jepang

Raih Pole Position, Valentino Rossi Samai Catatan Jorge Lorenzo dan Marc Marquez

A. Firdaus    •    15 Oktober 2016 17:02 WIB
motogp 2016
Raih <i>Pole Position</i>, Valentino Rossi Samai Catatan Jorge Lorenzo dan Marc Marquez
Valentino Rossi (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Motegi: Valentino Rossi meraih pole position pada sesi kualifikasi MotoGP Jepang, Sabtu 15 Oktober. Pembalap Movistar Yamaha itu meraih pole position setelah mancatatkan waktu 1 menit 43,954 detik. 

Pada sesi kualifikasi ini, Rossi mampu mengalahkan catatan waktu Marc Marquez yang hanya meraih 1 menit 44.134 detik. Sedangkan Jorge Lorenzo yang sempat mengalami insiden pada sesi latihan bebas ketiga, hanya akan menempati posisi ketiga pada start nanti.

Bagi The Doctor, ini merupakan pole position ke-64 yang telah diraihnya di ajang MotoGP. Catatan ini mensejajarkan Rossi dengan dua rivalnya Lorenzo dan Marquez.

Baca: Valentino Rossi Sukses Raih Pole Position di GP Jepang


Jika Rossi meraih pole ke-64 kalinya di Motegi, Lorenzo sudah meraihnya sejak di Misano lalu. Sedangkan Marquez mendapatkan torehan tersebut pada saat membalap di Aragon.
 


Lorenzo bernasib apes pada balapan yang terjadi di Misano tersebut. Mampu memimpin lomba pada saat start, namun pembalap berjuluk X-Fuera malah harus puas finis di posisi ketiga. Sedangkan Marquez bernasib lebih baik ketimbang Lorenzo, karena mampu tampil konsisten hingga akhir balap dan mengklaim kemenangan di Aragon.

Lalu bagaimana hasil yang diraih Rossi ketika meraih pole? Pada musim ini, rider asal Italia itu pernah dua kali meraih prestasi itu, yaitu ketika di Jerez dan di Mugello. Hasilnya cukup berimbang, saat di Jerez ia akhiri dengan kemenangan, sedangkan ketika di Mugello, Rossi gagal melanjutkan lomba alias gagal finis. (MotoGP)

Video Marc Marquez Berpeluang Kunci Gelar Juara MotoGP Jepang
 


(FIR)