Formula 2 2017

Sean dan Nato Siap Kembali Beraksi Setelah Jeda Sebulan

Achmad Firdaus    •    25 Agustus 2017 03:10 WIB
sean gelael
Sean dan Nato Siap Kembali Beraksi Setelah Jeda Sebulan
Foto: Dok. Sean

Metrotvnews.com, Spa Francorchamps: Setelah jeda selama sekitar satu bulan, persaingan Formula 2 akan kembali hadir akhir pekan ini. Pebalap Indonesia, Sean Gelael, dan rekan satu timnya asal Prancis, Norman Nato, akan kembali bersaing di lintasan bersama Tim Pertamina Arden yang didukung penuh Jagonya Ayam KFC Indonesia.

Persaingan akhir pekan ini akan berlangsung di Sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia. Ini merupakan seri ke-8 dari 11 seri yang dijadwalkan pada 2017. Dari tujuh seri yang sudah digelar, Sean berada di urutan ke-17 klasemen sementara dengan koleksi tiga poin. 

Sementara itu, Nato berada di posisi ke-7. Dia mengumpulkan 79 poin, dan sudah sekali meraih angka penuh setelah memenangi balapan kedua (sprint race) di Sirkuit Baku City, Azerbaijan, yang merupakan seri ke-4.
 

Baca: Sean Gelael Sapa Penggemar dan Unjuk Gigi di GIIAS 2017


Nato melanjutkan performa positif dengan selalu meraih poin untuk Pertamina Arden pada empat seri terakhir. Dia hanya sekali gagal meraih poin karena tidak finis saat menjalani balapan pertama (feature race) di Red Bull Ring, Austria. Pada seri ke-7 di Hungaroring, Hongaria, pebalap 25 tahun ini finis di urutan ke-7 pada feature race, lalu finis di posisi ke-5 pada sprint race.

Sean memang gagal meraih poin di Hungaroring. Namun, dia mendapatkan pengalaman berharga di sirkuit ini. Sean untuk kali kedua pada tahun ini mendapatkan kepercayaan memacu mobil Formula 1 milik tim Scuderia Toro Rosso. 

Pebalap 21 tahun tersebut menggeber mobil STR12 yang biasa dipacu pebalap Spanyol, Carlos Sainz Jr. Sean menyelesaikan 101 putaran dengan catatan terbaik 1 menit 20,341 detik.
 

Baca juga: Sean Kembali Geber Mobil F1 Toro Rosso di Hungaria


"Mudah-mudahan masalah mekanik tidak terjadi di sirkuit Spa. Kami sudah mengevaluasi dan mudah-mudahan bisa mendapatkan lebih banyak poin," kata Sean.

Kabar lain dari persaingan balap Formula 2 adalah hijrahnya Nyck de Vries (Belanda) yang merupakan pebalap Jagonya Ayam dari Rappax ke Racing Engineering mulai akhir pekan ini hingga musim berakhir. Dia bertukar tempat dengan pebalap Swiss, Louis Deletraz. De Vries sekali memenangi balapan pada 2017 yakni sprint race di Monaco. Dia kini berada di peringkat ke-8 klasemen dengan 72 poin.

Pebalap Monaco dari tim Prema Racing, Charles Leclerc, memimpin klasemen sementara setelah mengantongi 208 poin. Dia sudah memenangi lima balapan sepanjang musim ini. Oliver Rowland (Inggris) dari tim DAMS menempati peringkat kedua klasemen, sementara Artem Markelov (Rusia) dari tim Russian Time berada di posisi ketiga.

Berikut ini jadwal Formula 2 di Sirkuit Spa-Francorchamps.

Jumat (25/8/2017)

Latihan: 16.55 WIB
Kualifikasi: 21.20 WIB

Sabtu (26/8/2017)
Feature Race: 21.00 WIB

Minggu (27/8/2017)
Sprint Race: 15.15 WIB

Video: Dua Ganda Campuran Indonesia Lolos ke 8 Besar Kejuaraan Dunia 2017



(ACF)