F2 GP Italia

Cerita Sean Usai Taklukkan Balapan Sulit di Monza dan Cetak 10 Poin

Krisna Octavianus    •    03 September 2017 13:51 WIB
sean gelael
Cerita Sean Usai Taklukkan Balapan Sulit di Monza dan Cetak 10 Poin
Sean Gelael (Foto: dok pribadi Sean)

Metrotvnews, Monza: Sean Gelael tampil impresif pada balapan Formula 2 di Sirkuit Monza, Italia pada Sabtu 2 September. Dia sukses mencetak 10 poin setelah finis di posisi kelima pada balapan pertama atau feature race.

Balapan feature race di Sirkuit Monza berlangsung dalam kondisi yang cukup sulit karena hujan yang turun yang membasahi trek, sehingga membuat start mengalami penundaan. Setelah beberapa kali safety car memandu pembalap dalam formation lap, balapan akhirnya digelar dalam kondisi lintasan yang basah.

BACA: Suntikan Motivasi Sean Gelael Jelang F2 GP Italia

Sean yang memulai balapan dari posisi ke-18, mampu tampil apik dan merangsek ke posisi 15 saat balapan berjalan tiga lap. Performa impresif terus ditunjukkan ketika dia berhasil naik ke posisi 13 usai menyalip salah satu pembalap dan penalti yang diterima Ralph Boschung karena melakukan jump start.

Memasuki lap kesembilan, Sean masih berjuang di posisi 14. Dia terus menunjukkan performa impresif dan memperbaiki posisinya hingga akhirnya berhasil finis di posisi enam.

Sean semakin diuntungkan dengan penalti 10 detik yang diterima pebalap ART,  Alexander Albon karena menyenggol Norman Nato. Sean naik ke urutan kelima dan berhak mengoleksi 10 poin. Ini merupakan pencapaian terbaik Sean di musim ini. Sebelumnya, Sean sempat mencetak poin di Austria dan Inggris.

"Awalnya banyak delay, takut dengan kondisi trek apalagi di Monza hujannya enggak berhenti, pandangan sangat sulit tetapi akhirnya kering, akhirnya strategi kita yang mengantisipasi lebih kering dan bisa fight dan finis di posisi keenam. Terima kasih semuanya karena sudah mendukung dan insya Allah mulai baliknya kita ke posisi depan," ujar Sean usai balapan.

"Timing juga, keberuntungan juga. Tahun ini hampir enggak punya keberuntungan juga, tetapi akhirnya punya keberuntungan juga. Saya bersyukur bisa finiss keenam," lanjutnya.

"Saat lintasan kering, kecepatan kita kurang bagus. Tapi kita coba semaksimal mungkin, kalau start di depan kita bisa lebih mudah daripada mulai dari tengah. Jadi, insya Allah dengan keuntungan itu, kita bisa membuat yang terbaik," pungkasnya.

Balapan sulit di Monza kali ini akhirnya dimenangi pembalap tuan rumah, Antonio Fuocco dari tim Prema Racing.  Pembalap Jepang Nobuharu Matsushita (ART) yang sedianya finis di posisi tiga berhak naik ke podium dua lantaran Luca Ghiotto yang finis kedua pada balapan tersebut harus menerima penalti 10 detik.  Adapun, posisi tiga ditempati oleh pebalap DAMS Nicolas Latifi.

Selanjutnya, para pebalap akan kembali melakoni balapan kedua atau sprint race di Sirkuit yang sama pada Minggu 3 September.

 


(ACF)