F2 GP Italia

Sean Sumbang 10 Poin buat Pertamina Arden di Feature Race

Achmad Firdaus    •    03 September 2017 12:36 WIB
sean gelael
Sean Sumbang 10 Poin buat Pertamina Arden di Feature Race
Sean Gelael (Foto: dok pribadi Sean)

Metrotvnews.com, Monza: Sean Gelael menampilkan performa impresif pada balapan Formula 2 di Sirkuit Monza, Italia pada Sabtu 2 September. Pebalap muda Indonesia itu sukses mencetak 10 poin setelah finish di posisi lima pada balapan pertama atau feature race.

Balapan feature race di Sirkuit Monza berlangsung dalam kondisi yang tidak ideal menyusul hujan yang turun, sehingga membuat start mengalami penundaan. Setelah beberapa kali safety car memandu pebalap dalam formation lap, balapan akhirnya digelar dalam kondisi lintasan yang basah.

BACA: Suntikan Motivasi Sean Gelael Jelang F2 GP Italia

Lintasan yang licin menjadi tantangan tersendiri buat pebalap di balapan kali ini. Insiden senggolan antar pebalap serta mobil yang melintir dari lintasan juga menjadi pemandangan yang kerap terjadi di balapan pertama ini.

Sean yang memulai balapan dari posisi 18, mampu tampil apik dan merangsek ke posisi 15 saat balapan berjalan tiga lap.

Performa impresif terus ditunjukkan Sean di mana ia berhasil naik ke posisi 13 usai menyalip salah satu pebalap dan penalti yang diterima Ralph Boschung karena melakukan jumpa start.

Memasuki lap ke-9, Sean masih berjuang di posisi 14. Dia terus menunjukkan performa impresif dan memperbaiki posisinya hingga akhirnya berhasil finis di posisi enam.

Sean semakin diuntungkan dengan penalti 10 detik yang diterima pebalap ART,  Alexander Albon karena menyenggol Norman Nato.  Sean naik ke urutan 5 dan berhak mengoleksi 10. Ini merupakan pencapaian terbaik Sean di musim ini. Sebelumnya, Sean sempat mencetak poin di Austria dan Inggris.

Berbeda dengan Sean, rekan setimnya Norman Nato harus mengalami nasib yang kurang beruntung.  Nato yang sukses mencetak poin buat Pertamina Arden pada lima balapan terakhir, harus gagal meneruskan tren positifnya karena terlibat insiden senggolan dengan Alexander Albon. Nato harus puas finish di posisi 13.

Selain insiden senggolan antara Albon Nato, ada sejumlah insiden yang menarik terjadi di balapan kali ini.  Salah satunya insiden copotnya ban mobil Oliver Rowland yang membuat balapan harus dipandu safety car.

Balapan sulit di Monza kali ini akhirnya dimenangi pebalap tuan rumah, Antonio Fuocco dari tim Prema Racun.  Pebalap Jepang Nobuharu Matsushita (ART) yang sedianya finis di posisi tiga berhak naik ke podium dua lantaran Luca Ghiotto yang finis kedua pada balapan tersebut harus menerima penalti 10 detik.  Adapun, posisi tiga ditempati oleh pebalap DAMS Nicolas Latifi.

Selanjutnya, para pebalap akan kembali melakoni balapan kedua atau sprint race di Sirkuit yang sama pada Minggu (3/9).

 


(ACF)