Feature Race Barcelona

Balapan Sulit untuk Tim Pertamina Arden

Valentinus Reza    •    14 Mei 2017 00:11 WIB
sean gelael
Balapan Sulit untuk Tim Pertamina Arden
Sean Gelael saat beraksi di tes pramusim GP Barcelona (Foto: Dok. Sean Gelael)

Metrotvnews.com, Barcelona: Dua pembalap tim Pertamina Arden, Norman Nato dan Sean Gelael menjalani balapan feature Formula 2 yang sulit, di sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, Sabtu 13 Mei. Keluarnya mobil pengaman pada putaran sepuluh ikut berperan membuyarkan harapan mereka untuk bisa mempertahankan posisi di barisan depan.
 
Nato yang start dari posisi ketujuh, sempat terlempar ke posisi 11. Namun, pembalap asal Perancis ini masih bisa menjaga jarak dengan beberapa pembalap di belakangnya. Sementara Sean yang memulai balapan dari urutan ke-17, tampil cukup tenang untuk berjuang ke barisan depan.
 
Selepas lap kedelapan, Sean sudah masuk ke posisi sepuluh besar. Sean bahkan mampu melewati Nato dan terus berupaya memaintain kecepatan mobilnya secara konsisten. Beberapa pembalap terdepan sudah memutuskan masuk pit stop, sehingga posisi Sean dan Nato terus tedongkrak ke posisi enam dan tujuh.

Klik di sini: Mengenal Sirkuit Catalunya yang Bersahabat dengan Ferrari

Sayangnya pada lap ke-10, mobil Sergio Canamasas bermasalah dan terhenti di tengah lintasan. Akibatnya, balapan harus dipandu oleh mobil pengaman. Situasi ini tak menguntungkan pembalap barisan depan, termasuk Sean dan Nato. Sebaliknya, kehadiran mobil pengaman menguntungkan pembalap-pembalap yang sudah masuk pit stop karena jarak mereka dengan pembalap terdepan menjadi lebih dekat.
 
Dengan kondisi ban yang sudah mulai terdegradasi, Sean dan Nato tak mampu lagi mempertahankan posisi mereka di sepuluh besar. Posisi keduanya pun kian tertinggal setelah masuk pit stop untuk pergantian ban.
 
Tim Pertamina Arden memakai strategi ban hard (prime) dan soft (option). Sejak awal kedua pembalap disiapkan untuk masuk pit stop pada lap 26 dan 27. Skenario ini agak berantakan dengan keluarnya mobil pengaman. Selain itu, degradasi ban juga terjadi cukup cepat.
 
Head Engineering Tim Pertamina Arden, Gaetan Jego juga menyebut performa mobil tidak sepenuhnya sesuai dengan harapan. Sean akhirnya harus puas finis di posisi ke-16, sedangkan Nato berada di urutan ke-17.

Klik di sini: Kuznetsova Akhiri Tren Positif Bouchard

Posisi terdepan ditempati pebalap Prema Racing, Charles Leclerc. Ini menjadi kemenangan kedua Leclerc pada musim pertamanya di ajang F2. Sebelumnya, Leclerc tampil sebagai juara di balapan sprint di sirkuit Bahrain.
 
Posisi kedua ditempati pembalap Russian Time, Luca Ghiotto. Sementara podium ketiga akhirnya diambil pebalap tim DAMS, Oliver Rowland. Dengan hasil ini, Leclerc masih memimpin klasemen sementara pebalap dengan nilai 65. Rowland menyodok ke posisi kedua dengan nilai 35.

Kenali Sean Gelael lebih dekat melalui website www.sean-gelael.com, Twitter, Facebook, dan Instagram. Tonton juga aksinya via channel Youtube.
 
Website:
www.sean-gelael.com
 
Twitter:
https://twitter.com/gelaelized
 
Facebook:
https://www.facebook.com/gelaelized
https://www.facebook.com/IDSeanGP/
 
Instagram:
instagram @gelaelized
instagram @teamjagonyaayam
 
Channel Youtube:
Youtube IDseangp & Ride Wit Me Menpora Harapkan Kejutan di Piala Sudirman 2017
 


(FIR)