#BanggaIndonesia

Sean akan Kembali Beraksi di Balik Kemudi F1

Achmad Firdaus    •    25 September 2017 19:42 WIB
sean gelael
Sean akan Kembali Beraksi di Balik Kemudi F1
Sean saat bersiap tampil di FP1 GP Singapura (Foto: Dok. Sean Gelael)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pembalap muda Indonesia, Sean Gelael akan kembali beraksi di balik kemudi Toro Rosso pada ajang Formula 1. Kali ini, Sean akan tampil pada sesi latihan bebas pertama (Free Practice 1) GP Malaysia, Jumat (29/9).

Sean akan tampil menggunakan mobil STR16 milik Carlos Sainz Jr di Sirkuit Internasional Sepang yang akan menjadi tuan rumah pergelaran F1 untuk kali terakhir.

Ini merupakan kali kedua Sean dipercaya tampil di sesi Free Practice 1. Sebelumnya, ia dipercaya tampil pada FP1 GP Singapura, dua pekan lalu.

Dalam debutnya di Sirkuit Marina Bay, Sean mampu tampil cukup baik. Ia berhasil mencatatkan waktu terbaik 1 menit 45.570 detik. Catatan waktu pembalap 20 tahun tersebut bahkan lebih baik dari dua pembalap tim Sauber, Marcus Ericsson dan Pascal Wehrlein yang ada di posisi buncit.
 

Baca: Isi Waktu Luang, Sean dan Nato Latihan Go-Kart di Sentul


"Hari ini, Sean melakukan tugasnya dengan fantastis. Kami sangat puas dengan performanya,” ujar Tim prinsipal Toro Rosso, Franz Tost kala itu.

Tak hanya memuji performa Sean di Singapura, Franz juga membuka peluang untuk membawa Sean naik kelas ke ajang Formula 1. Namun sebelum itu, Franz menuntut Sean untuk menampilkan performa apik di ajang Formula 2 musim depan, dan juga memberikan masukan-masukan yang berguna buat Toro Rosso saat tampil di sesi Free Practice 1 maupun tes resmi F1.
 

Baca juga: Toro Rosso Buka Jalan Sean Menuju F1


Selain Singapura dan Malaysia akhir pekan ini, Sean juga akan tampil pada Free Practice 1 GP Amerika Serikat (20/10) dan Meksiko (27/10). Ia juga akan tampil pada sesi tes resmi F1 di GP Abu Dhabi (27/11).

Tak hanya itu, pembalap Tim Pertamina Arden yang didukung Jagonya Ayam KFC Indonesia ini juga masih harus bertarung di ajang Formula 2 musim ini yang hanya menyisakan dua seri, yakni GP Jerez (7-8 Oktober) dan Abu Dhabi (25-26 November 2017).

Sean saat ini berada di posisi 15 klasemen sementara pembalap F2 dengan koleksi 17 poin. Sejauh ini, pencapaian terbaik Sean adalah finis di posisi lima pada balapan Feature GP Monza, Italia, 2 September lalu.

Berikut aksi Sean dan Nato saat berlatih Go-kart di Sentul:
 


(ACF)