Tes F1 2017

Sean Gelael akan Kembali Beraksi di Balik Kemudi F1

Achmad Firdaus    •    15 Juni 2017 16:45 WIB
sean gelael
Sean Gelael akan Kembali Beraksi di Balik Kemudi F1
Sean saat menjajal kursi yang akan digunakannya saat menggeber mobil Toro Rosso di sesi tes F1 kedua di Hungaria (Foto: Dok. Sean Gelael)

Metrotvnews.com, Faenza: Pembalap Indonesia Sean Gelael dipastikan akan kembali beraksi di balik kemudi STR16 milik tim Toro Rosso. Sesi tes F1 kedua Sean akan dilaksanakan di Sirkuit Hungaroring, Hungaria.

Kepastian bakal tampilnya Sean di tes F1 kedua dikonfirmasi Toro Rosso via akun twitternya, @ToroRossoSpy yang dilengkapi dengan gambar Sean tengah menjajal kursi mobil yang didesain khusus untuknya.

"Hari ini Sean @gelaelized berada di Faenza (markas Toro Rosso), seat-fitting untuk Hungaria (tes F1),” demikian bunyi cuitan di akun resmi Toro Rosso.

Bagi Sean, tes di Hungaria merupakan kesempatan yang kedua. Sebelumnya, Sean sudah menjajal STR16 milik Daniil Kvyat di sirkuit Bahrain bulan April lalu.

Hasil tes pertama cukup impresif, Sean mendapat pujian dari bos Toro Rosso, Franz Tost dan bos tim Red Bull Racing, Christian Horner.
 

Baca: Keberuntungan Belum Berpihak pada Tim Pertamina Arden di Monaco


Tes di Hungaroring akan dilaksanakan pada tanggal 1-2 Agustus. Tes di Hungaria menggantikan agenda tes sebelumnya yang direncanakan di sirkuit Silverstone, Inggris.

Dalam sesi tes ini, setiap tim berhak melakukan apa saja. Namun, mereka juga punya kewajiban untuk menurunkan pebalap yang tidak memiliki pengalaman lebih dari tiga grand prix.

Selain di Hungaroring, Sean juga sebelumnya sudah dijadwalkan untuk tes di sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi pada 28-29 November mendatang atau seusai balapan terakhir musim 2017. Sesi tes di Abu Dhabi ini menjadi kesempatan bagi setiap tim untuk menguji spesifikasi ban yang akan digunakan pada musim selanjutnya.

“Ya, ini menjadi pengalaman luar biasa buat saya. Saya banyak belajar dari tes pertama di Bahrain dan merasa lebih antusias menghadapi Hungaria,” kata Sean dalam rilis yang diterima Metrotvnews.com, Kamis 15 Juni 2017.

Menurut Sean, menghadapi tes kedua dia merasa lebih rileks karena sudah mengenal karakter mobil dan para mekanik dari tim Toro Rosso.

Sebelumnya Franz Tost juga sudah mempunyai catatan untuk penampilan Sean pada test pertama di Bahrain. Selain dinilai mampu beradaptasi dengan baik terhadap kondisi mobil, Sean juga dinilai baik dalam berkomunikasi dengan memberikan banyak masukan ke tim mekanik atau pun engineering.

Catatan waktu tercepat Sean dalam sesi latihan, juga bisa mendekati dan menyamai torehan waktu pembalap tim Toro Rosso seperti Daniil Kvyat dan Carlos Sainz Junior.
 

Baca juga: Perjudian Strategi Tim Pertamina Arden Belum Menghasilkan Poin


Sebelum tes Bersama Toro Rosso, Sean akan menjalani empat balapan Formula 2 bersama tim Pertamina Arden. Balapan pertama akan berlangsung di sirkuit Baku City, Azerbaijan pada tanggal 24-25 Juni atau bertepatan dengan hari raya Idul Fitri.

Balapan selanjutnya di sirkuit Red Bull Ring Austria pada 8-9 Juli mendatang, disusul Silverstone 14-16 Juli dan Hungaroring 29-30 Juli.

Musim lalu, Sean mendapatkan hasil bagus pada balapan di Baku City dan Red Bull Ring. Dalam balapan di sirkuit jalan raya Baku City, Sean finis di posisi ketujuh pada balapan Feature sekaligus meraih poin pertamanya musim itu.

Sedangkan pada balapan di Sirkuit Red Bull Ring, Sean mendapatkan hasil yang lebih fantastis. Dia meraih podium kedua setelah finis di belakang rekan setimnya di Pertamina Campos, Mitch Evans.

Video: ?Real Madrid Rilis Jersey Kandang dan Tandang Musim 2017-2018
 


(ACF)