#BanggaIndonesia

Toro Rosso Buka Jalan Sean Menuju F1

Genta Prayogi    •    16 September 2017 23:28 WIB
sean gelael
Toro Rosso Buka Jalan Sean Menuju F1
Sean Gelael saat bersiap tampil di FP1 GP Singapura (Foto: Dok. Sean Gelael)

Metrotvnews.com, Singapura: Satu demi satu anak tangga telah berhasil dilewati pembalap muda Indonesia Sean Gelael untuk bisa berlaga di ajang Formula 1. Dan dalam waktu yang tidak lama lagi, Sean berpeluang mewujudkan mimpinya tersebut.

Toro Rosso menjadi tim yang membuka jalan Sean menuju balapan jet darat paling elite di dunia, F1. Setelah memberikan kesempatan Sean tampil di sesi tes resmi, kali ini tim yang bermarkas di Faenza, Italia itu mempercayakan pebalap berbakat Indonesia itu tampil di sesi Free Practice I GP Singapura (15/9).

Kepercayaan yang diberikan Toro Rosso pun tidak disia-siakan Sean. Pembalap F2 dari tim Pertamina Arden yang didukung Jagonya Ayam KFC Indonesia itu mampu tampil apik, meski baru pertama kali tampil di Sirkuit Marina Bay.
 

Baca: FP1 Berjalan Lancar, Sean: Terima Kasih atas Dukungannya


Sean yang menggunakan mobil STR16 milik Carlos Sainz Jr berhasil mencatatkan waktu terbaik 1 menit 45.570 detik. Ia menempati posisi 18, atau mengungguli dua pembalap Sauber, Marcus Ericsson dan Pascal Wehrlein yang ada di posisi buncit.

Tim prinsipal Toro Rosso, Franz Tost pun mengaku puas dengan penampilan Sean. Ia bahkan tak menutup kemungkinan untuk menjadikan Sean sebagai salah satu pebalapnya di ajang F1.

Meski demikian, Tost tidak ingin terburu-buru melakukan hal itu. Ia ingin melihat Sean meningkatkan performanya di ajang Formula 2, dan tampil bagus saat menjalani tugas sebagai pebalap penguji Toro Rosso di tiga sesi FP1 musim ini, dan juga sesi tes resmi F1 di Abu Dhabi, November mendatang.
 

Baca juga: Sean Gelael Jalani Debut FP1 dengan Mulus


"Setelah tes di Abu Dhabi, kami akan berdiskusi untuk menentukan langkah ke depan untuknya. Tahun depan, ia masih akan balapan di Formula 2. Setelah itu, barulah kita lihat bagaimana kelanjutannya," ujar Tost.

"Semuanya tergantung pada pebalap. Jika ia mampu tampil fantastis dan menunjukkan perkembangan dalam performanya, pintu kami selalu terbuka. Jadi, yang utama adalah, ia harus tampil sangat bagus di Formula 2 tahun depan," tandasnya.

Video: ?Empat Wakil Indonesia Melaju ke Final Korea Terbuka 2017
 


(ACF)