GP Hungaria 2017

Sean dan Nato Raih Poin pada Balapan Pertama di Hungaroring

Valentinus Reza    •    30 Juli 2017 01:05 WIB
sean gelael
Sean dan Nato Raih Poin pada Balapan Pertama di Hungaroring
Foto: Dok Sean Gelael

Metrotvnews.com, Budapest: Dua pembalap Pertamina Arden yang didukung Jagonya Ayam KFC Indonesia menutup balapan pertama (feature race) Formula 2 di Hungaroring, Budapest, Hungaria, Sabtu (29/7/2017), dengan sama-sama meraih poin.

Norman Nato, pembalap asal Prancis ini finis di urutan ketujuh dan meraih enam poin. Sementara Sean Gelael yang merupakan pembalap andalan Indonesia mendapatkan dua poin setelah finis di posisi kesembilan.

Sean memulai balapan dari posisi start ke-20. Dia tidak bisa mencatat waktu pada sesi kualifikasi, Jumat (29/7/2017), karena melakukan kesalahan dan mobilnya terhenti.

Klik di sini: Sebastian Vettel Start Terdepan pada GP Hungaria

Nato berhasil mendapatkan posisi start kelima. Namun, Nato dihadapkan pada posisi sulit saat akan start balapan. Mobilnya mengalami masalah dan mogok, ketika akan melakukan formation lap. Alhasil, dia harus kembali ke pit. Mekanik Pertamina Arden pun berusaha keras untuk memperbaiki mobil dalam waktu singkat.

Nato beruntung karena formation lap harus diulang setelah Nabil Jeffri (Trident) tidak bisa menempati posisi start-nya dengan tepat. Mekanik Pertamina Arden mendapat tambahan waktu untuk memperbaiki mobil Nato. Mereka berhasil dan Nato bisa mengikuti balapan meski harus start dari pit lane.

Pada lap pertama balapan, Sean sudah naik ke posisi ke-16, sementara Nato di posisi ke-19. Pada lap ketujuh, Sean naik satu tempat. Pada akhir lap ini, Nato melakukan mandatory pit stop.

Beberapa pembalap melakukan pit stop pada lap ke-10, kondisi ini membuat Sean naik ke posisi ke-10 setelah melewati Sergio Sette Camara (MP Motorsport). Sedangkan Nato masih tertahan di posisi ke-19.

Klik di sini: Perburuan Poin di Hungaroring Dimulai

Perubahan posisi kembali terjadi saat beberapa pembalap melakukan pit stop. Kali ini Sean masuk pit untuk mengganti ban pada lap ke-13. Kembali ke lintasan, dia berada di urutan ke-18 lalu naik satu posisi pada lap ke-17, sementara Nato berada di urutan ke-15.

Alexander Albon (ART Grand Prix), Sette Camara, dan Louis Delletraz (Racing Engineering) yang masuk pit stop membawa keuntungan bagi duo Pertamina Arden. Pada lap ke-24, Nato berada di posisi ke-12, sementara Sean di urutan ke-14.

Drama lalu terjadi pada lap ke-25. Sergio Canamasas (Rapax) dan Robert Visoiu (Campos Racing) bersenggolan saat bersaing memperebutkan posisi kesembilan. Keduanya tidak bisa melanjutkan balapan. Safety Car masuk ke lintasan hingga akhir lap ke-27.

Balapan dimulai lagi pada lap ke-28. Nato dan Sean merangsek maju dan langsung masuk 10 besar. Pada lap ke-29, Nato berada di urutan kesembilan, sementara Sean di posisi ke-10.

Sean kemudian naik ke posisi kesembilan pada lap ke-31, menyusul kesalahan yang dilakukan Gustav Malja (Racing Engineering) yang ada di depannya.

Klik di sini: CLS Knights Mundur dari IBL

Namun Sean turun ke posisi ke-10 setelah disalip Albon pada lap ke-33. Tiga lap terakhir balapan, drama kembali terjadi. Artem Markelov (Russian Time) melintir keluar lintasan ketika bersaing ketat dengan pebalap DAMS, Oliver Rowland, dalam perebutan posisi terdepan balapan.

Safety Car kembali masuk ke lintasan. Nato berada di posisi ketujuh, sementara Sean kesembilan. Safety Car memimpin balapan hingga memasuki akhri lap ke-36.

Rowland akhirnya keluar sebagai pemenang balapan. Nicholas Latifi (DAMS) dan Nick de Vries (Rapax) finis di urutan kedua dna ketiga. Nato dan Sean berhasil mempertahankan posisinya di urutan ketujuh dan kesembilan.

“Bukan balapan yang mudah. Apalagi hasil kualifikasi yang tidak menguntungkan. Namun, semua anggota tim bekerja keras, sehingga kami mendapatkan poin,” kata Sean setelah balapan.

“Awal balapan seperti menjadi bencana buat saya karena masalah teknik. Untungnya kami dapat kembali ke lintasan dan tidak kehilangan momen. Posisi ketujuh cukup positif,” ucap Nato

Para pembalap akan menjalani balapan kedua (sprint race) pada Minggu 30 Juli pada pukul 15.35 WIB. Balapan akan berlangsung dalam 28 putaran. Nato akan memulai balapan dari posisi start kedua, sementara Sean di posisi kesembilan.

Sebastian Vettel Raih Pole Position GP Hungaria
 


(FIR)