#BanggaIndonesia

Toro Rosso Puas dengan Performa Sean di FP1

Genta Prayogi    •    16 September 2017 22:18 WIB
sean gelael
Toro Rosso Puas dengan Performa Sean di FP1
Sean Gelael dan Tim Prinsipal Toro Rosso, Franz Tost (Foto: Dok. Sean Gelael)

Metrotvnews.com, Singapura: Pembalap muda Indonesia Sean Gelael berhasil melalui debutnya pada sesi latihan bebas pertama (FP1) ajang Formula 1 di Singapura dengan cukup baik. Toro Rosso selaku tim F1 yang memberikan kesempatan tersebut pun merasa puas.

Prinsipal tim Toro Rosso, Franz Tost memuji penampilan Sean di Sirkuit Marina Bay, Jumat (15/9). Meski baru pertama kali tampil di Sirkuit jalan raya Marina Bay, Sean mampu tampil apik dan melahap 26 putaran tanpa mengalami masalah.

Sean yang menggunakan mobil Carlos Sainz Jr berhasil mencatatkan waktu terbaik 1 menit 45.570 detik. Catatan waktu pembalap 20 tahun tersebut bahkan lebih baik dari dua pembalap tim Sauber, Marcus Ericsson dan Pascal Wehrlein yang ada di posisi buncit.

"Hari ini, melakukan tugasnya dengan fantastis. Kami sangat puas dengan performanya," ujar Tost.
 

Baca: Sean Gelael Jalani Debut FP1 dengan Mulus


Tak hanya Franz Tost, pujian untuk Sean juga datang dari Head of Vehicle Performance Toro Rosso, Jody Egginton. Menurutnya, Sean menjalankan semua tugas yang diberikan kepadanya dengan sangat baik.

"Sean melakukannya dengan baik, gaya membalapnya begitu konsisten. Ia juga memberikan masukan yang bagus dan kami mendapatkan data yang dibutuhkan dari beberapa barang yang diuji," timpal Jody.

Dalam kesempatan ini, Franz Tost juga membeberkan alasan di balik keputusan Toro Rosso memberikan kepercayaan pada Sean untuk tampil di FP1 GP Singapura.
 

Baca juga: FP1 Berjalan Lancar, Sean: Terima Kasih atas Dukungannya


"Sean Gelael sudah dua kali menjalani tes (F1) bersama kami. Pertama di Bahrain. Di sana ia menunjukkan performa yang sangat bagus. Kami terkejut, karena saya tidak menyangka ia bisa tampil secepat itu, terutama setelah saya melihatnya balapan di Formula 2 sehari sebelumnya," ujar Franz Tost.

"Yang kedua (tes F1), ia tampil di Hungaria. Di sana ia menunjukkan performa apik, terutama di sektor satu. Di sektor dua, dia menyamai catatan waktu pebalap kami. Atas dasar itulah, sekarang ia mendapat kepercayaan tampil di Free Practice 1," lanjut Tost.

Setelah ini, akan kembali tampil di tiga seri FP1 bersama Torro Rosso, yakni di GP Malaysia (29/9), Amerika Serikat (20/10) dan Meksiko (27/10). Selain itu, ia juga akan kembali tampil pada sesi tes resmi F1 di GP Abu Dhabi (27/11).

Video: ?Empat Wakil Indonesia Melaju ke Final Korea Terbuka 2017
 


(ACF)