Wawancara Sean Gelael dengan BBC

Jadi Test Driver Toro Rosso, Sean Berpeluang Genggam Super License F1

Achmad Firdaus    •    10 April 2017 22:32 WIB
sean gelael
Jadi Test Driver Toro Rosso, Sean Berpeluang Genggam <i>Super License F1</i>
Sean Gelael saat bersiap melakoni tes pramusim F2 di Sirkuit Sakhir, Bahrain (Foto: Dok. Sean Gelael)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mendapatkan kesempatan jadi test driver Toro Rosso di kancah F1 tidak akan disia-siakan Muhammad Sean Gelael. Pembalap Formula 2 dari tim Pertamina Arden yang didukung jagonya ayam KFC Indonesia ini akan berjuang mewujudkan mimpi berlaga di ajang F1.

Untuk memuluskan ambisinya itu, Sean memang harus bekerja keras, sebab ada beberapa tahapan yang harus dilaluinya untuk bisa tampil di pentas balap mobil paling bergengsi di dunia tersebut. Salah satunya adalah memegang FIA Super License (lisensi super FIA).

Untuk mendapatkan lisensi super tersebut, ada beberapa hal yang harus dilakukan Sean. Yang pertama, seorang pembalap harus memiliki gelar juara di ajang yang lebih rendah dari F1; seperti Formula 3 dan Formula 2.



Seorang pembalap juga berhak mendapatkan lisensi super apabila mampu meraih hasil yang bagus secara konsisten di ajang tersebut. Misalnya, seorang pembalap berhasil dua kali menempati posisi lima besar dalam tiga tahun terakhir di ajang Formula 2, maka, ia berhak mendapatkan lisensi super.
 

Baca: Ini Hal yang Disiapkan Sean untuk Jalani Tes Bersama Toro Rosso 


Selain itu, seorang pembalap juga berhak mendapatkan lisensi super apabila ditunjuk oleh tim (F1). Namun, ia juga harus memenuhi syarat sudah melahap 300km di sesi tes dengan mobil F1.

Peluang untuk mendapatkan lisensi super lewat jalur 300 km ini dimiliki Sean ketika didapuk sebagai test driver Toro Rosso. Ia diketahui mendapatkan kesempatan menggeber mobil F1 milik Toro Rosso pada tiga kesempatan, yakni usai GP Bahrain (18 April nanti), serta GP Hungaria dan GP Abu Dhabi.



"Karena saya dapat kesempatan tiga tes di Toro Rosso. Jadi tidak harus mengejar Super License di Bahrain. Tapi, kayaknya saya sudah bisa dapat super lisence di tes pertama itu," ujar Sean dalam wawancara dengan BBC Indonesia di London, Senin (10/4/2017).

Meski memiliki peluang untuk bisa berlaga di ajang F1 pada musim depan, namun Sean tidak ingin terlena dengan hal tersebut. Ia tidak ingin ambisinya untuk menjadi pembalap F1 malah membuatnya gagal menunjukkan performa apik baik di ajang F2 dan juga test driver Toro Rosso.
 

Baca juga: Sean Jalani Sesi pertama Test Driver Toro Rosso 18 April


"Saya ingin memberikan yang terbaik di dua kesempatan itu. Tapi, prioritas utama saya adalah menjalani semuanya selangkah demi selangkah. Itulah cara yang terbaik. Sebab jika selalu berpikir tentang F1, justru malah jadi tidak fokus," imbuhnya.



"Intinya, saya akan berusaha sebaik mungkin untuk mengharumkan nama Indonesia di dunia balap," tutupnya.

Saat ini, Sean dan Nato tengah bersiap untuk melakoni seri perdana F2 2017 di Bahrain, akhir pekan ini (15 & 16 April). Keduanya optimistis bisa meraih hasil maksimal lantaran mencatatkan hasil cukup baik, membawa tim Pertamina Arden yang didukung jagonya ayam KFC Indonesia pada dua sesi tes pramusim di Barcelona dan Bahrain beberapa waktu lalu.
 

Kenali Sean Gelael lebih dekat melalui website www.sean-gelael.com, Twitter, Facebook, dan Instagram. Tonton juga aksinya via channel Youtube.

Website:
www.sean-gelael.com

Facebook:
https://www.facebook.com/gelaelized
https://www.facebook.com/IDSeanGP/

Instagram:
instagram @gelaelized
instagram @teamjagonyaayam

Channel Youtube:
Youtube IDseangp & Ride Wit Me


Video: ?Dominasi Hamilton di GP Tiongkok
 


(ACF)