Jelang F1 GP Malaysia

Sean Gelael Yakin Jalani FP1 GP Malaysia dengan Lancar

Krisna Octavianus    •    29 September 2017 02:58 WIB
sean gelaelf1 2017
Sean Gelael Yakin Jalani FP1 GP Malaysia dengan Lancar
Foto: Dok. Sean Gelael

Metrotvnews.com, Sepang: Pembalap muda Indonesia, Sean Gelael yakin bisa lebih lancar ketika menjalani Free Practice 1 bersama tim Torro Rosso besok, Jumat 29 September di Sirkuit Sepang, Malaysia. Pengenalan trek yang lebih baik dipastikan akan memudahkannya untuk memetik hasil yang maksimal.

Ajang Formula 1 akan menggelar balapan mereka akhir pekan ini di Malaysia. Setiap tim akan mulai menggeber mobil mereka pada Jumat, dengan menjalani Free Practice 1 (FP1). Kesempatan emas kembali didapatkan Sean Gelael untuk menjadi pembalap Torro Rosso untuk FP1. 

Setelah menjalani FP1 perdananya di Sirkuit Marina Bay, Singapura, pembalap berusia 20 tahun itu akan kembali mengaspal dengan mobil F1 pekan ini di seri Malaysia. Pembalap yang membela tim Pertamina Arden yang didukung Tim Jagonya Ayam KFC Indonesia di ajang Formula 2 ini yakin bisa menjalani tes dengan lebih lancar karena sudah familiar dengan Sirkuit Sepang.
 

Baca: Kematangan Sean Gelael Kembali Diuji pada FP1 Sepang


"Di Singapura banyak hal, itu FP pertama saya dan itu sirkuit jalanan, tapi di sana tim sempat ada cek sesuatu di belakang (mobil) dan ada berhenti 30 menit tapi ada dua sesi yang cukup panjang. Jadi, kurang banyak bisa lihat data di antara dua sesi tersebut," ujar Sean kepada wartawan di Sepang. 

"Sedangkan, minggu ini trek saya sudah tahu, pernah Free Practice juga, jadi lebih mengerti dan bisa lebih fokus dengan detail-detail, beda dengan Singapura. Bisa lebih prioritas, jadi yang pasti akan lebih lancar," sambungnya penuh keyakinan.

Di sisi lain, dia mengaku kondisi trek tidak jauh berbeda saat dia menjuarai Le Mans Seri Asia pada 2016 di sirkuit yang sama. Hanya saja, warna aspal di Sepang kini lebih terang dibanding tahun lalu dan itu diakui akan sangat membantu karena temperatur lintasan sedikit bisa terkontrol.
 

Baca juga: Berlaga di FP1 GP Malaysia, Sean Gelael Didukung Masyarakat Indonesia


"Untuk trek tidak berbeda, tapi pas F2 tahun lalu sangat hitam. Tadi saat trek walk lebih terang, jadi kita tidak tahu efek terhadap grip atau tidak, kita lihat nanti. Yang pasti temperatur tidak akan setinggi tahun lalu karena warna lebih muda, kalau lebih gelap biasanya temperatur lebih tinggi. Kita lihat apakah besok temperatur akan tinggi atau turun," pungkasnya. 

Untuk sesi FP1, Sean kembali akan memakai mobil milik Carlos Sainz Jr. Sean akan tampil bersama Pierre Gasly. Juara GP2 musim 2016 ini telah ditunjuk tim Toro Rosso untuk menggantikan posisi pebalap Daniil Kvyat pada balapan di Malaysia.

Video: Aksi Marquez dan Pedrosa Mengendarai Traktor
 


(ACF)