#BanggaIndonesia

Sean Siap Beraksi di FP1 GP AS

Achmad Firdaus    •    20 Oktober 2017 20:01 WIB
sean gelaelf1 2017
Sean Siap Beraksi di FP1 GP AS
Sean Gelael (Foto: Dok. Sean Gelael)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pembalap muda Indonesia, Sean Gelael akan kembali merasakan atmosfer balapan Formula 1. Pembalap Formula 2 itu kembali dipercaya Toro Rosso untuk tampil pada sesi Free Practice 1 (FP1) GP AS di Circuit of the Americas (COTA).

Sean akan menggunakan mobil milik Carlos Sainz Jr pada sesi latihan bebas pertama yang akan digelar Jumat 20 Oktober 2017. Berbagai persiapan juga sudah dilakukan Sean jelang tampil di sesi tersebut.

Selain melakukan ritual track walk, Sean juga sudah mempelajari karakter sirkuit COTA lewat simulasi. Hal tersebut perlu dilakukan Sean karena ia belum pernah balapan di sirkuit sepanjang 5,5 km tersebut.

"Kembali ke bisnis (balapan) di sini di Sirkuit COTA," kata Sean di akun Instagramnya, @Gelaelized. 

Sirkuit COTA diketahui memiliki karakter yang menantang dan sangat menguji kemampuan balap serta fisik pembalap. COTA merupakan satu dari segelintir sirkuit yang arah balapannya berlawanan dengan jarum jam.
 

Baca: Akhir Pekan yang Sulit Buat Sean di Jerez


Tak hanya itu, karakter sirkuit ini juga mengikuti topografi tanah tempat dibangunnya, seperti sirkuit-sirkuit klasik Eropa yang sangat berkarakter. Karena mengikuti topografi tanah, maka COTA terbentang dengan selisih elevasi 41 meter antara titik terendah dan titik tertingginya, atau setara dengan tinggi gedung 12 lantai!

Salah satu perbedaan elevasi paling besar ada di tikungan pertamanya. Dari garis start, para pembalap akan memacu mobil menanjak terjal setinggi sekitar 40 meter menuju apex tikungan pertama yang menjadi titik tertinggi di COTA.

Bagian di trek yang akan menguras fisik para pembalap ada di tikungan berantai (16, 17 dan 18) ke kanan. Saat melahap tikungan ini, pebalap bisa memacu mobilnya hingga kecepatan 250 km/jam dan akan sangat menguji kemampuan fisik, terutama dalam melawan G-force.
 

Baca juga: Sirkuit Jerez Masih jadi Misteri bagi Sean Gelael dan Norman Nato


Sesi FP1 GP AS menjadi penampilan ketiga Sean bersama Toro Rosso. Sebelumnya, pebalap Pertamina Arden yang berlaga di Formula 2 ini dipercaya tampil pada FP1 GP Singapura dan Malaysia.

Pada dua sesi tersebut, Sean mampu menjalankan tugasnya dengan cukup baik. Ia berhasil menjalankan instruksi yang diberikan Toro Rosso dan memberikan masukan yang berguna buat tim. Kinerjanya tersebut bahkan mendapat pujian dari Tim prinsipal Toro Rosso, Franz Toast. Ia bahkan membuka peluang untuk mengorbitkan Sean ke ajang Formula 1 di tahun 2019.

"Setelah tes di Abu Dhabi, kami akan berdiskusi untuk menentukan langkah ke depan untuknya. Tahun depan, ia masih akan balapan di Formula 2. Setelah itu, barulah kita lihat bagaimana kelanjutannya,” ujar Tost kala itu.

Video: F1 GP Amerika akan Bertabur Warna Pink
 


(ACF)