Lebih dari 70 Ribu Netizen Dukung Rossi dan Minta Sanksi Dicabut

Hilman Haris    •    26 Oktober 2015 13:46 WIB
motogp
Lebih dari 70 Ribu Netizen Dukung Rossi dan Minta Sanksi Dicabut
Valentino Rossi (Foto: AFP/Giuseppe Cacace)

Metrotvnews.com, Jakarta: Insiden antara pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi dengan pembalap Repsol Honda, Marc Marquez di MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang, Minggu 25 Oktober menarik perhatian banyak kalangan. Beberapa di antaranya setuju Rossi dihukum karena dianggap sudah berbuat curang pada balapan itu.

Akan tetapi, dukungan kepada Rossi tak kalah banyak. Bahkan, sebagai bentuk dukungan, muncul sebuah petisi yang meminta otoritas MotoGP menghapus hukuman yang diterima oleh The Doctor.

"Integritas MotoGP sedang terpuruk. Anda baru saja membiarkan taktik balap yang kotor dengan menghukum Valentino Rossi yang sedang mengejar juara. Ia dihalang-halangi serta dipermainkan oleh Marc Marquez. Pada saat yang sama, Anda membiarkan Jorge Lorenzo menyalip padahal ada bendera kuning. Lorenzo tidak dikenakan penalti," tulis petisi dukungan kepada Rossi di Change.org

"Jika Anda membenarkan keputusan dengan tidak ada aturan berkenaan dengan tindakan Marc Marquez, itu sama anehnya dengan mengatakan tidak ada aturan yang melarang pembalap menembak pembalap lain dengan pistol. Apakah Anda tetap membiarkannya hanya karena itu tidak melanggar aturan yang ada?"

"Sepertinya MotoGP punya agenda tersendiri yang mengkhianati para pembalap dan penggemar. Mereka yang mengharapkan dan layak mendapatkan persaingan yang sehat. Keputusan itu menunjukkan Anda menyetujui penindasan terhadap Valentino Rossi."

"Kami menuntut Anda membatalkan penalti Valentino Rossi agar dia dapat terus bersaing secara adil sehingga mendapat posisi yang sesuai dengan hasil kualifikasi di MotoGP Valencia (8 November)."

"Jika pembatalan itu Anda lakukan, integritas MotoGP akan kembali pulih," tutup kalimat dalam petisi tersebut.

Perselisihan antara Rossi dengan Marquez berawal ketika kedua pembalap memperebutkan posisi ketiga sejak awal balapan. Persaingan di antara keduanya makin seru memasuki lap keenam. Namun, tiba-tiba Rossi terlihat menyentuh motor Marquez sehingga membuat pembalap asal Spanyol tersebut terjatuh.


Race Direction memvonis Rossi bersalah. Sebagai ganjaran, pembalap asal Italia itu diberi penalti tiga poin dan harus start dari urutan buncit pada race di MotoGP Valencia, 8 November.

Petisi mendukung Rossi langsung bermunculan usai sanksi itu dikeluarkan. Salah satunya dilakukan oleh Change.org. Sejauh ini sudah ada 75.000 netizen yang ikut serta dalam petisi itu dan semuanya kompak mendukung Rossi dan meminta agar otoritas MotoGP membatalkan sanksi. (Change.org)


(HIL)