Paralympic Pelajar Nasional 2017

Solo jadi Tuan Rumah Paralympic Pelajar Nasional 2017

Pythag Kurniati    •    04 Oktober 2017 14:30 WIB
olahraga
Solo jadi Tuan Rumah Paralympic Pelajar Nasional 2017
Jumpa Pers Peparpenas VIII/2017 di Kota Solo, Jawa Tengah, Rabu, 4 Oktober 2017. (Foto: MTVN/Pythag Kurniati)

Metrotvnews.com, Solo: Kota Solo dipilih menjadi tuan rumah Pekan Paralympic Pelajar Nasional (Peparpenas) VIII 2017. Perparpenas bakal diselenggarakan mulai 7 November - 15 November 2017.

Kabid Olahraga Disabilitas Kementerian Olahraga Ismun Dwi Karyatiningsih mengungkapkan, Perparpenas VIII diikuti oleh 34 provinsi seluruh Indonesia. Ada enam cabang olahraga dipertandingkan yakni atletik, renang, bulu tangkis, bocia, catur, dan tenis meja.

“Tahun 2015 hanya ada lima cabang olahraga sedangkan tahun ini bertambah menjadi enam cabang olahraga,” ujar Ismun dalam jumpa pers di Kota Solo, Jawa Tengah, Rabu (4/10/2017).

Baca: Atlet Loncat Indah Malaysia Gagal Tes Doping 


Sejumlah lokasi di Kota Solo akan menjadi venue pertandingan. Atletik bakal digelar di Stadion Sriwedari, renang di GOR Manahan, tenis meja di GOR UNS. Kemudian bulu tangkis dilaksanakan di GOR Bulu Tangkis Manahan dan bocia di GOR Gelanggang Pemuda Manahan.

Perparpenas kali ini diprediksi diikuti oleh 1.292 dari 34 provinsi di Indonesia. “Masing-masing provinsi memberangkatkan 38 orang,” kata Ismun.

Baca: Indonesia Sabet 2 Emas di Kejuaraan Dunia Wushu 2017


Kasi Olahraga Pendidikan dan Olahraga Prestasi Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Kuncoro Dwi Wibowo mengungkapkan, ajang ini untuk mencari bibit-bibit unggul dalam bidang olahraga. “Lebih-lebih kemarin Indonesia meraih juara umum di Asean Para Games 2017. Kita harus bisa mempertahankan prestasi itu,” tegas Kuncoro.

Sementara Kabid Olahraga Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Surakarta Suhanto menuturkan, pada 7 November para peserta mulai tiba di Solo. Selanjutnya dilakukan proses klasifikasi hingga tanggal 10 November 2017. “Opening ceremony akan dilaksanakan 10 November di Stadion Sriwedari Solo,” katanya.

Video: Dorna akan Gunakan Kamera 360 Derajat di MotoGP


(ASM)