Kaleidoskop 2017

November: Ferrari Ancam Keluar dari F1 hingga Juara Super Series Keenam Marcus/Kevin

Rendy Renuki H    •    27 Desember 2017 09:00 WIB
kaleidoskop 2017
November: Ferrari Ancam Keluar dari F1 hingga Juara Super Series Keenam Marcus/Kevin
Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (Dok. PBSI)

Jakarta: Sejumlah peristiwa olahraga sepanjang November 2017 menarik kembali disimak. Mulai dari ancaman tim Ferrari yang ingin keluar dari Formula 1, hingga pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo yang berhasil meraih gelar Super Series keenam mereka.

Ferrari mengancam ingin keluar dari kompetisi balapan jet darat paling tersohor di dunia usai berbeda pendapat dengan Federasi Balap Internasional (FIA). Perubahan aturan pemakaian mesin pada gelaran F1 2021 yang dicanangkan FIA menyulut emosi tim Ferrari.

Sementara, pasangan ganda putra Indonesia, Marcus/Kevin mampu meraih gelar Super Series keenam mereka sepanjang 2017. Gelar Super Series keenam tersebut didapatkan duet Minions usai menjuarai turnamen Hong Kong Open 2017.

Berikut rangkuman peristiwa di dunia olahraga sepanjang November 2017:

1 November
Lewis Hamilton membeberkan faktor kesuksesannya menjuarai Formula 1 musim 2017. Pembalap Mercedes itu meraih gelar juara dunia meski hanya finis di posisi sembilan pada seri terakhir di GP Meksiko. (baca selengkapnya di sini)

2 November
Petenis asal Spanyol Rafael Nadal berhasil kembali menyegel predikat nomor satu dunia sepanjang kariernya. Hasil itu diraih Nadal usai menjadi juara di ajang Paris Masters 2017. (baca selengkapnya di sini)

3 November
Ferrari mengancam ingin keluar dari kompetisi balapan jet darat paling tersohor di dunia usai berbeda pendapat dengan Federasi Balap Internasional (FIA). Perubahan aturan pemakaian mesin pada gelaran F1 2021 yang dicanangkan FIA menyulut emosi tim Ferrari. (baca selengkapnya di sini)

4 November
Pembalap Williams Felipe Massa kembali mengumumkan pensiun dari dunia balap Formula 1. Sebelumnya, Massa juga pernah mengungkapkan keinginan serupa di akhir musim balap 2016. (baca selengkapnya di sini)

5 November
Indonesia sukses meloloskan satu wakil ke babak final Bitburger Badminton Open 2017. Satu-satunya tiket final didapat oleh pasangan ganda putra, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Sabtu 4 November waktu setempat. (baca selengkapnya di sini)

6 November
Indonesia harus pulang dengan tangan hampa dari ajang Bitburger Open 2017. Hasil minor itu diraih tim Merah-Putih setelah andalan terakhir dari ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto takluk di partai final. (baca selengkapnya di sini)

7 November
- Pembalap Formula 2 andalan Indonesia Sean Gelael Berbagi Inspirasi dengan Anak-anak Penderita Kanker. Sean menemui puluhan anak penderita kanker di Rumah Sakit Kanker Dharmais, Jakarta Barat. (baca selengkapnya di sini)

- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memastikan dana persiapan atlet untuk Asian Games 2018 akan tepat waktu. Ia menjelaskan dana persiapan atlet tak akan terlambat karena bebannya kini sudah beralih ke cabang olahraga. (baca selengkapnya di sini)

8 November
Valentino Rossi membeberkan soal masa depan kariernya di MotoGP. Meski belum menyatakan ingin pensiun, namun kontraknya dengan Yamaha akan habis musim depan. (baca selengkapnya di sini)

9 November
Stadion Utama Gelora Bung Karno sedang dalam tahap pemugaran. Namun, kelayakan SUGBK untuk menjadi venue Asian Games 2018 sudah teruji. (baca selengkapnya di sini)

10 November
Petinju legendaris Mike Tyson diusir dari Cile. Rekam jejak kurang baik sebagai warga sipil menjadi alasan Cile enggan menerima Tyson datang. (baca selengkapnya di sini)

11 November
Rekor waktu tercepat milik Rubens Barrichello di Sikuit Autodromo Jose Carlos Pace Brasil dipatahkan Lewis Hamilton. Padahal, rekor Barrichello yang dibuatnya bersama tim Ferrari telah bertahan selama 13 tahun. (baca selengkapnya di sini)

12 November
- Marc Marquez berhasil meraih juara dunia MotoGP 2017 meski finis di posisi ketiga pada seri terakhir di Valencia. (baca selengkapnya di sini)

- Indonesia berhasil membawa pulang satu gelar dari turnamen bulu tangkis Macau Open 2017. Satu-satunya gelar tersebut dipersembahkan oleh pasangan ganda putra Ade Yusuf Santoso/Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira. (baca selengkapnya di sini)

13 November
Marc Marquez berhasil keluar sebagai juara dunia MotoGP 2017 meski gagal raih podium tertinggi di GP Valencia. Atas keberhasilan tersebut, pembalap asal Spanyol itu menerima ucapan selamat dari Barcelona. (baca selengkapnya di sini)

14 November
Sehari setelah Marc Marquez mengamankan titel juara dunia MotoGP 2017, kubu Honda mendapat kabar mengejutkan. Tim Prinsipal HRC, Livio Suppo memutuskan mundur dari jabatannya. (baca selengkapnya di sini)

15 November
Valentino Rossi mengalami kecelakaan hebat saat menguji coba kemampuannya di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Selasa 14 November. Selain Rossi, Alvaro Bautista pun mengalami hal serupa. (baca selengkapnya di sini)

16 November
Michael Schumacher didaulat menjadi pembalap Ferrari terbaik sepanjang masa. Hasil tersebut dikompilasikan oleh majalah ternama Inggris, F1 Racing, melalui voting online. (selengkapnya di sini)

17 November
Mobil Ferrari yang membantu Michael Schumacher merebut gelar juara dunia F1 musim 2001 telah laku terjual dalam sebuah acara lelang di New York, Kamis 16 November. Berapa harganya? (selengkapnya di sini)

18 November
Pasangan ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon berhasil menembus partai final Tiongkok Open Super Series Premier 2017. (selengkapnya di sini)

19 November
- Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo berhasil meraih gelar Super Series kelima mereka tahun ini. Hasil itu diraih setelah mengamankan gelar juara di Tiongkok Open 2017. (selengkapnya di sini)

- Pembalap motor asal Inggris, Daniel Hergarty meninggal dunia dalam kecelakaan di ajang Grand Prix Macau, Tiongkok. (selengkapnya di sini)

20 November
Pembalap muda Indonesia Sean Gelael mendapat kepercayaan membalap untuk tim papan atas di tahun ketiganya berkarier di ajang Formula 2. Sean direkrut tim Prema Racing untuk F2 2018. (selengkapnya di sini)

21 November
Evaluasi pemain Pelatnas bakal dilakukan Persatuan Bulu Tangkis Indonesia (PBSI). Evaluasi tersebut akan dilaksanakan pada akhir tahun ini. (selengkapnya di sini)

22 November
Indonesian Basket League (IBL) tercoreng. Kompetisi bola basket terbaik di Indonesia ini ternyata dibumbui pengaturan skor. Perbasi telah membeberkan 13 nama yang diduga terlibat pengaturan skor. Kasus itu terjadi pada IBL 2017. (selengkapnya di sini)

23 November
Ketua INASGOC Erick Thohir mengapresiasi kunjungan Menteri Keuangan Sri Mulyani ke kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta. Ia menyebut Menkeu merasa puas saat mengunjungi tiga venue yang akan digunakan di Asian Games 2018. (selengkapnya di sini)

24 November
Sebanyak sembilan nama dipastikan terlibat dalam kasus pengaturan skor pada kompetisi Liga Bakset Indonesia (IBL) musim 2016--2017. Kesembilan nama tersebut merupakan bagian dari klub Siliwangi Bandung yang terdiri dari delapan pemain dan satu ofisial tim. (selengkapnya di sini)

25 November
Piala Dunia Basket 2023, untuk pertama kalinya akan dilakukan di lebih dari satu negara. Hal itu muncul, setelah adanya bidding bersama oleh Argentina-Uruguay dan trio Asia, Indonesia-Jepang-Filipina yang telah dipastikan sebagai finalis pada hari Rabu 22 November 2017. (selengkapnya di sini)

26 November
Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo meraih gelar Super Series keenam mereka tahun 2017. Gelar tersebut didapatkan Minions usai menjuarai ajang Hong Kong Open 2017. (baca selengkapnya di sini)

27 November
Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi mewajibkan bagi para wartawan asing untuk memiliki visa jika ingin meliput Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Hal tersebut ditekankan oleh Kepala Sub Direktorat Tempat Pemeriksaan Imigrasi, Hongky Juanda. (baca selengkapnya di sini)

28 November
Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo menantang Menpora Imam Nahrawi bermain bulu tangkis usai merebut gelar juara di Hong Kong Open Super Series 2017. (baca selengkapnya di sini)

29 November
Pembalap muda Indonesia Sean Gelael kembali tampil cukup impresif pada sesi latihan bersama tim Formula 1 Toro Rosso di sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Pembalap berusia 21 tahun ini membuat puas tim Toro Rosso karena mampu memenuhi target yang diminta pada sesi latihan terakhir pada musim 2017 ini. (baca selengkapnya di sini)

30 November
Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) akan memberlakukan peraturan servis baru. Peraturan baru tersebut rencananya akan digunakan pada ajang All England 2018 mendatang. (baca selengkapnya di sini)





(REN)