Persiapan Asian Games 2018

Menpora Happy Renovasi SUGBK Lampaui Target

Rendy Renuki H    •    08 Agustus 2017 21:40 WIB
kemenporaasian games 2018
Menpora Happy Renovasi SUGBK Lampaui Target
Menpora Imam Nahrawi terlihat bahagia saat meninjau SUGBK-MTVN/Rendy

Metrotvnews.com, Jakarta: Proses renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) untuk ajang Asian Games 2018, menurut Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi sudah melampaui target. Hal itu dikatakan Imam saat berkunjung ke SUGBK, Selasa 8 Agustus 2017 sore.

Di SUGBK, Menpora langsung meninjau kondisi lapangan (rumput dan gawang), tempat duduk baru di tribun, hingga ruang ganti pemain dan kamar mandi. Menpora mengatakan telah mendapat laporan dari Satuan Tugas (Satgas) Asian Games, renovasi SUGBK telah mencapai 82 persen.

"Ini adalah kabar baik. Tolong sampaikan kepada seluruh masyarakat Indonesia bahwa Indonesia sudah siap menjadi tuan rumah Asian Games dan Asian Para Games 2018. Karena progres yang kita dapatkan sudah melampaui target, yakni 82 persen. Mestinya baru 78 persen. Jadi ini luar biasa," tutur Imam.

Baca juga: Satgas Belum Fokus Siapkan Infrastruktur Para Games 2018

Menpora menegaskan jika SUGBK akan langsung melaksanakan test event, begitu renovasi rampung. Namun, Menpora tidak menyebutkan tanggal persisnya SUGBK rampung direnovasi.

Menpora Imam Nahrawi saat meninjau SUGBK-MTVN/Rendy

"Yang pasti Januari 2018 nanti kita akan ada test event. Saya sangat optimistis bahwa venue akan selesai tepat waktu. Sekarang saja sudah kita buktikan dengan melampaui empat persen dari target," ungkapnya.

"Sejauh ini sangat puas sekali (progres renovasi SUGBK). Bagaimana tadi sound systemnya enak kita dengar. Artinya pemerintah betul-betul serius menyiapkan multi event Asian Games ini. Jadi kita tidak ingin setengah hati. Sampai seluruh alat pun harus berstandar dunia. Ini bentuk keseriusan pemerintah."

Baca juga: Venue Asian Para Games 2018 Belum Penuhi Standar

Ketika ditanya anggaran, pria asal Bangkalan Madura ini mengakui tidak mengetahui detail. Pasalnya, proyek renovasi SUGBK merupakan ranah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Kalau renovasi sepenuhnya ditanggung PUPR. Berapa anggarannya, Pak menteri PUPR yang tahu. Yang pasti nilai kontraknya mencapai Rp769 miliar," ujar Imam.

Video: Perkiraan Formasi Real Madrid vs Manchester United
 


(RIZ)