Jelang Upacara Pembukaan PON 2016

Skenario Pengamanan Upacara Pembukaan PON 2016

Kautsar Halim    •    17 September 2016 18:50 WIB
pon 2016
Skenario Pengamanan Upacara Pembukaan PON 2016
Situasi aparat keamanan yang tengah bersiap mengamankan upacara pembukaan PON 2016 (Foto: Kautsar Halim/Metrotvnews)

Metrotvnews.com, Bandung: Upacara Pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 Jawa Barat (Jabar) merupakan salah satu event nasional dan bakal dihadiri oleh sejumlah tokoh penting. Oleh karena itu, hal yang wajar jika jalannya rangkaian acara bakal dikawal ribuan personel keamanan.

Seperti dijelaskan lebih detail oleh Kombes Pol Kabid Humas Polda Jabar Yusri Yunus, pihaknya sudah menyiapkan 2.535 personel keamanan. Jumlah tersebut sudah termasuk anggota Polri, TNI, Dishub, Satpol PP, Damkar, dan SAR.

"Dari jam tujuh pagi kami sudah siapkan semua pasukan. Jumlah yang disebutkan itu kami bagi menjadi empat zona keamanan, yakni di dalam stadion, luar stadion, parkiran, serta arus lalu lintas," ujar Yusri di sekitar area Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung (17/6/2016)

"Kemudian, rekayasa lalu lintas juga sudah kami lakukan. Jadi, di sekitar GBLA harus steril atau tidak boleh ada kendaraan yang masuk kecuali VVIP," tambahnya.

Akibat sterilisasi area tersebut, para pengunjung tidak bisa sembarangan masuk lokasi acara. Namun jangan khawatir, pasalnya Yusri bersama tim keamanan lainnya sudah menyiapkan lokasi parkiran serta kendaraan berupa shuttle bus untuk para pengunjung.

(Baca Juga: Pentas Kesenian Daerah Meriahkan Venue PON di Cirebon)

"Untuk pengunjung kami berikan lima kantong parkir, yaitu di Summarecon, peti kemas, area bus sekolah, area bus bhineka, dan jalur lambat Soekarno-Hatta. Untuk menjawab solusi jauhnya jarak parkiran itu, panitia juga sudah menyiapkan 45 shuttle bus. Kalau untuk ofisial, atlet serta tamu VIP dan VVIP ada area parkir sendiri di sekitar area GBLA," papar Yusri.

Ketatnya keamanan yang dibeberkan itu bukan tanpa alasan. Pasalnya, keramaian yang ditimbulkan akibat megahnya upacara pembukaan PON 2016 Jabar memang bisa memancing munculnya aksi kejahatan. Misalnya, terorisme, pencurian, copet, serta, pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

"Harapan saya, acara ini bisa terselenggara aman, bebas dan terkendali. Mudah-mudah sekitar 45 ribu pengunjung yang akan hadir bisa menikmati acara dengan baik," tutup Yusri.

Video: Jabar Dulang Empat Emas di Cabor Renang
 


(FIR)

Begini Cara Bank BJB Manjakan Awak Media Selama PON XIX

Begini Cara Bank BJB Manjakan Awak Media Selama PON XIX

2 hours Ago

PT Bank Pembangunan Jawa Barat Tbk (Bank BJB) menyediakan berbagai sarana yang memadai untuk me…

BERITA LAINNYA