Cabor Kriket

Jika Dikirim, Kriket Siap Sumbang Medali di SEA Games 2017

Antara    •    28 November 2016 22:27 WIB
olahraga
Jika Dikirim, Kriket Siap Sumbang Medali di SEA Games 2017
Cabor kriket di ajang PON 2016 Jawa Barat beberapa waktu lalu (Foto: Antara/Agus Bebeng)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengurus Pusat Persatuan Criket Indonesia (PP PCI) berharap atlet kriket dikirim ke SEA Games 2017 Malaysia, karena cabang olahraga asal Inggris ini bakal dipertandingkan untuk kali pertama di kejuaraan dua tahunan itu.

Sekretaris Jenderal PP PCI Arsyad Ahmadin di Jakarta, Senin 28 November 2016, mengatakan salah satu upaya untuk meloloskan kriket menjadi salah satu cabang olahraga yang  bakal dikirim ke Malaysia adalah melakukan koordinasi dengan Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima).

"Kami ingin mencetak sejarah dengan meraih medali emas pada penampilan perdana. Makanya saat ini kami menunggu panggilan dari Satlak Prima," katanya.

Terkait atlet kriket, Arsyad mengaku sudah tidak ada masalah karena pihaknya telah melakukan seleksi, salah satunya melalui Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 Jawa Barat beberapa waktu lalu. Saat ini, sejumlah nama atlet putra maupun putri sudah dalam genggaman.

Baca juga: Peluang Atlet Anggar Indonesia di SEA Games 2017

"Soal materi atlet tidak perlu dikhawatirkan. Begitu ada panggilan, kita akan langsung menyerahkan daftar nama-nama atlet baik putra maupun putri," kata Arsyad Ahmadin menambahkan.

Meski terbilang baru di Indonesia, kriket mulai diterima di masyarakat. Terbukti, cabang olahraga ini sudah dipertandingkan pada pesta olahraga empat tahunan terbesar di Indonesia. Bahkan, tim nasional Indonesia juga sudah melakukan uji coba internasional.

Timnas putri dalam uji coba internasionalnya bahkan mampu mengalahkan Korea Selatan dengan skor 4-1. Begitu juga dengan timnas putra yang sukses mengalahkan Malaysia dengan skor 3-1. Negeri Jiran menjadi salah satu rival Indonesia pada SEA Games 2017 mendatang.

Demi meningkatkan performa atlet, PP PCI yang dipimpin Aziz Syamsudin terus melakukan pemusatan latihan. Bahkan, timnas kriket akan diturunkan pada kualifikasi Kejuaraan Dunia kriket 2018 di Melbourne, Australia, Februari 2017 nanti.

"Pak Azis sangat perhatian dengan perkembangan prestasi kricket Indonesia. Makanya, seluruh program peningkatan prestasi baik itu pertandingan uji coba atau pertandingan resmi terus dipenuhi," kata Arsyad.(ant)

Video: Jepang Sabet Gelar Juara Umum di AKF 2016
 


(RIZ)