PON 2016 Cabang Renang

Fenomena Kakek Lengser di Cabor Renang PON 2016

Kautsar Halim    •    19 September 2016 14:25 WIB
sportainmentpon 2016
Fenomena Kakek Lengser di Cabor Renang PON 2016
Wawa, sosok yang berperan sebagai kakek lengser di PON XIX/2016 Jawa Barat (Foto: MTVN/Kautsar Halim)

Metrotvnews.com, Bandung: Sambutan unik diberikan kepada setiap pemenang cabor Renang di ajang PON XIX/2016 Jawa Barat. Agar upacara pengalungan medali menjadi lebih sakral, tim panitia pelaksana juga menugaskan seorang lengser untuk mengawal tiap juara ke podium.

Dalam budaya sunda, lengser merupakan sosok kakek humoris yang bijaksana dan penuh doa. Biasanya ia baru muncul dalam upacara pernikahan untuk mengawal pengantin ke pelaminan sambil berlenggak-lenggok menari jaipong.

Tak jauh berbeda dengan yang ada di acara pernikahan, lengser yang dihadirkan kali ini juga memiliki tugas mengawal sambil menari. Namun bedanya, yang diantarkan kali ini adalah juara perlombaan dan tariannya pun dilakukan di pinggir kolam renang.

(BACA: Rekor Milik Elsa Nasution Dipecahkan Perenang asal Riau)

Terhisap magnet sajian unik tersebut, Metrotvnews.com akhirnya menyempatkan diri mewawancarai sang lengser Kolam Renang FPOK UPI. Setelah ditelusuri, ternyata ada beberapa hal yang menarik dari pria yang mengaku bernama Wawa tersebut.
 
Wawa bukanlah lengser profesional atau yang biasa dimanfaatkan jasanya di acara pernikahan. Sejatinya, ia adalah seorang guru pendidikan jasmani dan juga instruktur renang.

"Sebenarnya, saya guru Penjas dan pelatih renang. Saat ini, sedang  menjadi lengser karena memang senang seni saja," kata Wawa yang berusia 44 tahun.

(BACA JUGA: Mantan Oliympian Tak Kecewa Raih Perunggu di PON 2016)

"Tidak ada latihan khusus untuk menjalankan tugas sebagai lengser. Saya hanya improvisasi sendiri," tambahnya dengan ekspresi humoris.

Sekilas, tugas Wawa memang mudah, yakni hanya berlenggak-lenggok menari sambil mengumbar senyum. Namun, untuk bisa konsisten ceria dan lincah hingga seminggu lamanya tetap bukan pekerjaan yang ringan. Oleh karena itu, Wawa pun berharap tetap diberi kesehatan hingga event renang berakhir.

Video: ?Dua Atlet Renang Jabar Pecahkan Rekor di PON XIX
 


(ACF)

Menpora Anggap PON 2016 Berjalan Sukses
PON 2016

Menpora Anggap PON 2016 Berjalan Sukses

5 hours Ago

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi senang dengan hasil akhir penyelenggaraaan P…

BERITA LAINNYA