Tour de Singkarak 2016

Dapat Libur Satu Hari, Pembalap Tds Tur Keliling Bukittinggi

Rendy Renuki H    •    13 Agustus 2016 11:52 WIB
tour de singkarak
Dapat Libur Satu Hari, Pembalap Tds Tur Keliling Bukittinggi
Para pembalap Tour de Singkarak 2016 (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Metrotvnews.com, Bukittinggi: Pembalap peserta Tour de Singkarak (TdS) 2016 mendapatkan libur satu hari. Kesempatan tersebut dimanfaatkan para pembalap menikmati tur keliling kota Kota Bukittinggi.

Setelah menyelesaikan balapan etape ketujuh Sijunjung menuju Dharmasraya sehari sebelumnya, seluruh pembalap dari 23 negara menikmati city tour yang disiapkan pemerintah Kota Bukittinggi.

Para peserta TdS 2016 diajak berkeleliling dimulai dari tempat menginap peserta menuju ikon kota seperti Jam Gadang. Di lokasi tersebut pun para perserta TdS disuguhi dengan kesenian khas Bukittinggi.

Tak hanya itu, semua pebalap akan diperkenankan dengan lokasi wisata lain seperti Taman Panorama yang berhadapan langsung dengan Ngarai Sihanok menggunakan bendi (delman). Usai itu, perjalanan dilanjutkan ke Goa Jepang yang lokasinya berdekatan.

Libur dipengujung balapan merupakan yang pertama kali dilakukan di kejuaraan yang sudah masuk seri kedelapan itu. Hal tersebut terjadi karena dibatalkannya satu etape yaitu dari Solok Selatan dan finis di Padang Aro setelah jalan yang akan dilintasi mengalami kerusakan akibat banjir.

Waktu libur satu hari ini ternyata tidak hanya dilakukan untuk istirahat oleh pembalap. Mereka juga banyak yang tetap mengayuh sepeda untuk terus menjaga kondisi. Seperti yang akan dilakukan pebalap Terengganu Cycling Team Malaysia, Dadi Suryadi.

"Meski libur, saya tetap latihan," kata pebalap asal Sumedang, Jawa Barat itu dilansir Antara, Sabtu (13/8/2016).

Hingga etape tujuh, pembalap Pishgaman Cycling Team Iran, Amir Kolahdouz masih kokoh dipuncak klasemen sementara. Bahkan Amir sudah diambang juara karena balapan tinggal menyisakan satu etape yaitu dari Bukittinggi menuju Kota Padang, Minggu 14 Agustus besok.

Pembalap dengan nomor start satu telah membukukan total catatan waktu 22:51:45 atau unggul satu menit 22 detik dengan pebalap di belakangnya yaitu Dadi Suryadi. Melihat strategi saling kontrol, Amir memang tinggal menunggu waktu pemberian gelar juara.

Hanya saja, sebelum menyandang predikat juara Amir Kolahdouz harus menyelesaikan balapan. Melihat kondisi yang ada saat ini serta dukungan rekan satu tim dari Pishgaman Cycling Team, peluang untuk menjadi juara umum baik individu maupun tim sudah didepan mata. (ANT)


(REN)