Jelang Asian Games 2018

Cerita Eko Yuli Ketika Nomor 62kg Sempat Dihapuskan

Krisna Octavianus    •    24 April 2018 16:01 WIB
asian games 2018
Cerita Eko Yuli Ketika Nomor 62kg Sempat Dihapuskan
Eko Yuli Irawan. (Foto: medcom.id/Kautsar Halim)

Jakarta: Lifter Eko Yuli Irawan merespons isu nomor 62kg dihapuskan. Dia sangat yakin dari awal, nomor tanding 62kg akan dipertandingkan di ajang Asian Games 2018.

Bak petir di siang bolong, federasi angkat besi internasional (IWF) sempat memutuskan untuk menghapuskan nomor 62kg. Nomor tanding yang menjadi andalan Eko Yuli itu tidak dipertandingkan karena sangat berisiko para atlet menggunakan doping. 

Setelah dilakukan mediasi yang dilakukan Kemenpora, Komite Olimpiade Indonesia (KOI), dan Persatuan Angkat Besi Indonesia (PABSI), akhirnya nomor 62kg kembali dipertandingkan. Di sisi lain, Eko Yuli mengaku sejak awal percaya nomor 62kg akan dipertandingkan.

Baca: Sempat Sakit Tifus, Persiapan Eko Yuli Sudah 85 Persen


"Ya alhamdulilah, kalau dulu (saat kejadian nomor 62kg dihapuskan) saya biasa saja sebenarnya, mau ada atau tidak yang pasti saya serahkan sama pemerintah karena ini nomornya berpotensi medali, jadi pemerintah pasti tidak akan tinggal diam," ungkap Eko kepada medcom.id.

"Pasti akan mengusahakan yang terbaik dan itu juga saya mengucapkan terima kasih kepada Kemenpora, KOI, dan PABSI yang sudah memperjuangkan nomor 62kg bisa dipertandingkan," lanjutnya.

Baca: Eko Yuli Berharap Angkat Besi Sumbang Dua Emas


Di sisi lain, Eko Yuli pernah berkomentar lebih baik cabor angkat besi lebih baik dihapuskan sekalian di Asian Games 2018 daripada hanya menghapus nomor 62kg saja. Untuk hal itu, Eko Yuli pun memberikan klarifikasinya.

"Itu kalau diskusi atau mediasinya tidak jalan. Kalau memang 62kg harus dicoret, ya sudah mending kaya gitu. Tapi alhamdulilah dengan mediasi yang baik dapat hasil yang baik juga. Kalau mereka masih keukeuh, ya sudah kenapa engga (dihapuskan saja)," pungkas peraih medali perak Olimpiade 2016 itu.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga?

Video: Marc Marquez Raih Kemenangan Keenam di COTA




(ASM)