Asian Para Games 2018

Sebanyak 100 Bus Disiapkan untuk Transportasi Atlet Asian Para Games

Antara    •    25 September 2018 15:53 WIB
asian para games
Sebanyak 100 Bus Disiapkan untuk Transportasi Atlet Asian Para Games
Menteri Perhubungan Indonesia Budi Karya Sumadi (Foto: MI/Pius Erlangga)

Jakarta: Transportasi menjadi salah satu aspek yang jadi perhatian utama Indonesia dalam menyukseskan gelaran Asian Para Games 2018 di Jakarta, 6 - 13 Oktober nanti. Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengaku sudah berkoordinasi dengan sejumlah pihak.

Menhub menegaskan pihaknya sudah menyiapkan moda transportasi bus untuk mengantar atlet dari bandara Soekarno Hatta menuju wisma atlet di Kemayoran dan dari wisma atlet menuju ke venue-venue saat kompetisi berlangsung.

"Kami menyiapkan 100 bus untuk perjalanan para atlet sepanjang Asian Para Games selain tiga skenario perjalanan para atlet dan ofisial. Kami juga menyiapkan skenario jadwal kedatangan terpadat enam pesawat bersamaan," kata Menhub.
 

Baca: Strategi INAPGOC untuk Antisipasi Puncak Kedatangan Atlet Asian Para Games 2018


Untuk kelancaran dalam perjalanan, Menhub juga sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian terkait. Targetnya, atlet-atlet sudah tiba di wisma atlet atau di venue-venue pertandingan hanya dalam waktu tak lebih dari 30 menit. 

"Skenario kami sama seperti ketika kesibukan Asian Games yaitu pemberlakuan ganjil-genap di beberapa ruas jalan, jalur khusus untuk kendaraan-kendaraan serta pengawalan terhadap kendaraan-kendaraan yang digunakan para atlet," lanjutnya.
 

Baca juga: Kenyamanan Atlet Asian Para Games Jadi Prioritas INAPGOC


Di sisi lain, Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari memastikan bahwa bus yang disiapkan Kementerian Perhubungan adalah bus yang ramah untuk kaum disabilitas.

"Kami juga mendapatkan tambahan 100 mobil dengan kabin tinggi untuk mengangkut kursi-kursi roda. Kami hanya punya waktu sekitar sebulan untuk menyiapkan Asian Para Games setelah penutupan Asian Games," kata Okto.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: ?Strategi INAPGOC Demamkan Asian Para Games 2018



(ACF)