Jelang Asian Para Games 2018

Menpora Tengok Empat Pelatnas Asian Para Games 2018

Rendy Renuki H    •    14 September 2018 19:51 WIB
olahragaasian para games
Menpora Tengok Empat Pelatnas Asian Para Games 2018
Menpora Imam Nahrawi di tengah-tengah atlet anggar kursi roda-Dok: Kemenpora

Solo: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menengok empat Pelatnas Asian Para Games (APG) 2018 pada hari kedua kunjungannya di Solo, Jawa Tengah, Jumat 14 September. Empat Pelatnas yang disambangi Cak Imam adalah voli duduk, anggar kursi roda, paracycling dan goalball.

Pelatnas voli duduk mendapat giliran pertama kunjungan Menpora yang sudah tiba di GOR Baturan sejak pukul 08.00 WIB. Ia mendengarkan langsung laporan tim voli duduk putra-putri, sembari mencoba langsung permainan tersebut.

Pelatnas anggar kursi roda menjadi tujuan kedua safari Pelatnas APG Menpora di Solo, yang berlokasi di Lapangan Futsal Sumber. Dilanjutkan ke Velodrome Manahan menengok Pelatnas Paracycling dan GOR Blukukan tempat Pelatnas Goalball.

Baca juga: Wisma Atlet Kemayoran Siap 100 Persen untuk Asian Para Games 2018

"Saya mendengar langsung laporan tidak ada satu pun yang mengalami masalah, semua sudah berjalan dengan baik. Yang saya lihat mereka sudah mempersiapkan betul-betul untuk APG. Mereka kan latihan tidak hanya dalam waktu dekat ini saja, tapi sudah berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun," ujar Menpora sebelum bertolak ke Jakarta, Jumat siang.

"Semangat ini yang harus dijaga, optimisme ini harus dikawal kita semua. Tentu selanjutnya akan ada kunjungan dan perhatian lain dari para menteri, karena Presiden Jokowi meminta para menteri memperhatikan APG ini dengan baik. Karena ini sekali lagi adalah hajat bangsa dan negara," sambungnya.

Menurut Imam, Panitia Pelaksana Asian Para Games (INAPGOC) tinggal fokus melakukan persiapan kepindahan rombongan Pelatnas ke Jakarta. Pasalnya, proses memindahkan 300 paralimpian dari 16 cabor ke Jakarta membutuhkan proses yang cukup memakan waktu.

Baca juga: Ratusan Volunteer Mendapat Latihan Khusus Jelang Asian Para Games 2018

Tercatat, baru dua Pelatnas APG yang telah lebih dahulu bertolak ke Jakarta dan akan mengisi wisma atlet Kemayoran. Dua cabor tersebut adalah menembak dan lounge ball.

"Tinggal mereka ini harus kita siapkan pergeseran dari Solo ke Jakarta, itu yang paling penting. Karena harus menyesuaikan dengan iklim, suasana, tempat bertanding, dan tempat latihan yang ada di Jakarta. Sekaligus memastikan bahwa wisma atlet itu betul-betul bisa dinikmati dengan baik oleh paralimpian kita," sambungnya.

Sementara, Sekretaris Jenderal Komite Paralimpiade Nasional (NPC) Pribadi, menegaskan seluruh kontingen Indonesia telah siap tempur di APG 2018. Kedatangan Menpora ke Solo dinilainya membantu persiapan atlet, terutama dari segi mental karena mendapatkan perhatian langsung dari Cak Imam, yang juga menjabat Ketua Penyelengara INAPGOC.

"Semua atlet yang mengikuti APG sampai saat ini sudah siap fisik dan mental, sudah siap tempur menghadapi APG di Jakarta nanti. Tinggal beberapa hal yang kita perhatikan yakni masalah non-teknis, namun masalah non-teknis ini sudah bisa diatasi karena kehadiran Bapak Menpora secara otomatis memberikan motivasi yang luar biasa."

"Untuk itu kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Menpora karena ini merupakan hal non-teknis yang sangat penting. Secara fisik dan mental kami sudah siap, tapi hal non-teknis juga tidak boleh diabaikan. Karena sangat penting untuk bisa mencapai prestasi yang sebesar-besarnya," pungkas Pribadi.

Video: Sprint Kursi Roda Siap Raih Emas Asian Para Games 2018
 


(RIZ)