Lalu Zohri Juara Dunia Atletik

Tigor: Harus Sabar Mencari Bibit Seperti Lalu Zohri

Patrick Pinaria    •    19 Juli 2018 23:52 WIB
kejuaraan dunia atletikLalu Zohri
Tigor: Harus Sabar Mencari Bibit Seperti Lalu Zohri
Tigor Tanjung (kiri kedua) bersama Lalu Muhammad Zohri (kanan kedua) (Foto: Antara/Muhammad Iqbal)

Jakarta: Prestasi membanggakan dicapai pelari muda Indonesia Lalu Muhammad Zohri. Atlet kelahiran Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut mampu menjadi juara di Kejuaraan Atletik Dunia U-20, 11 Juli.

Zohri finis di urutan pertama dengan mencatatkan waktu 10,18 detik di kategori lari 100 meter putra. Hebatnya, pelari berusia 18 tahun tersebut mampu mengalahkan pelari-pelari unggulan seperti Anthony Schwartz dan Eric Harrison asal Amerika Serikat.

Ungkapan perasaan bangga pun dilontarkan pihak Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI). Sekretaris Jenderal PB PASI Tigor Tanjung juga mengaku melahirkan bakat muda seperti Zohri butuh proses yang tidak mudah.

Baca: Fitriani Sabatini Singkirkan Unggulan Dua

"Tentu, kami bangga dan merasa sukacita. Tetapi, harus diakui ini adalah suatu hasil yang proses pekerjaannya tidak singkat. Di dalam atletik itu tidak ada yang dihasilkan dengan magic. Semua harus melalui proses," ujar Tigor saat ditemui di Kantor Metro TV.

"Jadi, PB PASI melihat bahwa kesabaran kami mencari bibit, kesabaran kami mengolah bibit itu dengan pelatihan-pelatihan benar. Itu harus diteruskan. Tentu, kami harus sabar untuk mendapatkan hasil yang baik," lanjutnya.

Baca: Proyek Velodrome Rawamangun Sudah Rampung 100 Persen

Indonesia patut bangga melihat prestasi Zohri. Sebab, dengan keberhasilannya meraih medali emas, kini ada atlet Tanah Air yang mampu menjuarai Kejuaraan Dunia Atletik U-20 sejak 32 tahun terakhir. 

Zohri sedang menikmati keberhasilannya menjadi juara. Namun, ia harus kembali berjuang keras dan melakukan persiapan karena akan tampil di Asian Games 2018 pada Agustus. 


Video: Empat Petenis Ikuti Turnamen untuk Pemanasan Asian Games





(ACF)