IAAF World U-20 Championships 2018

Pelatih Pun Tak Menyangka Zohri Bisa Juara

Kautsar Halim    •    12 Juli 2018 18:06 WIB
atletikLalu Zohri
Pelatih Pun Tak Menyangka Zohri Bisa Juara
Lalu Muhammad Zohri (Foto: IAAF)

Helsinki: Pelari putra Indonesia, Lalu Muhammad Zohri, mengukir  sejarah baru dengan menjuarai event IAAF World U-20 Championships 2018. Prestasi itu membuat seluruh publik Tanah Air terkejut, tak terkecuali Erwin R Maspaitella selaku pelatihnya.

Event IAAF World U20 Championships berlangsung di Tampere, Finlandia, selama lima hari (10-15 Juli 2018). Namun, prestasi Zohri diraih saat memainkan lomba lari nomor 100 meter pada Kamis, 12 Juli.

Klik: Kala Wapres Barcelona Menyindir Real Madrid

Zohri yang baru berusia 18 tahun menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 10,18 detik. Torehan tersebut sudah cukup untuk melewati pesaing Anthony Schwartz dan Eric Harrison dari Amerika Serikat yang secara berurutan finis di belakangnya.

Menurut Erwin yang mendampingi Zohri di Finlandia, prestasi tersebut sungguh di luar dugaan. Sebab katanya, Zohri kurang mampu bersaing saat babak penyisihan.

Klik: Legenda Manchester United Kecam Cara Bertahan John Stones

"Memang enggak kepikiran bakal menang. Dia saja berada di jalur ke delapan karena berada di peringkat dua pada babak penyisihan," ujar Erwin seperti dikutip dalam rilis Humas Kemenpora, Kamis (12/7/2018)

"Tapi ternyata, dia bisa melaju dengan rileks dan melewati catatan waktu wakil Amerika Serikat," tambahnya menutup.

Indonesia menurunkan dua atletnya di ajang IAAF World U-20 Championships 2018. Selain Zohri, ada Halomoan Edwin Binsar  yang tampil di nomor 100 meter lari gawang. Keikutsertaan keduanya sekaligus juga untuk mempersiapkan diri menyambut Asian Games 2018.



(ACF)