Gowes Pesona Nusantara 2017

GPN 2017 Sukses di Tengah Keterbatasan Papua Barat

Rendy Renuki H    •    15 Juli 2017 18:48 WIB
olahragakemenpora
GPN 2017 Sukses di Tengah Keterbatasan Papua Barat
Rully Nere. (Foto: Metrotvnews.com/Rendy Renuki)

Metrotvnews.com, Sorong: Hari terakhir Gowes Pesona Nusantara (GPN) 2017 wilayah Papua Barat di Sorong berjalan sukses, Sabtu 15 Juli. Bahkan, duta GPN 2017, Rully Nere, menyebut GPN 2017 sukses di tiga kota Papua Barat di tengah keterbatasan.

GPN 2017 di tanah Papua berlangsung di Teluk Wandama, Manokwari, dan berakhir di Sorong. Tiga kota itu diakui Rully memiliki keterbatasan, terutama dari peserta yang memiliki sepeda.

Maklum, di tiga kota Provonsi Papua Barat itu tak seperti wilayah lain di pulau Jawa yang banyak memiliki komunitas dan penghobi sepeda. Masalah yang diungkapkan Rully itu sempat membuat panitia GPN 2017 ketar-ketir.

"Saya lihat gelaran GPN 2017 di tahan Papua berjalan bagus sekali. Berbeda dengan daerah lain seperti Jakarta yang banyak komunitas sepeda dan rutin akhir pekan ada kegiatan olahraga bersama. Kalau di Papua kan tidak ada," ujar gelandang legendaris Timnas sepak bola Indonesia era 1970-1990 kepada Metrotvnews.com.

Baca: Sorong Sukses Tutup Gowes Pesona Nusantara 2017 di Tanah Papua


"Tapi dengan adanya acara seperti ini, semoga kepala daerah setempat bisa mengadakan satu hari dalam seminggu khusus acara olahraga bersama seperti bersepeda ini," sambung Rully.

Kegiatan GPN 2017 yang menjadi bagian kampanye #AyoOlahraga memang menggandeng sejumlah mantan atlet nasional. Para mantan atlet tersebut dipercaya menjadi ikon GPN 2017 di tiap daerah penyelenggara.

"Saya hadir sebagai ikon GPN 2017 di Papua Barat karena saya berasal dari tanah Papua. Bukan saya saja, ada beberapa mantan atlet nasional seperti Taufik Hidayat yang ikut menyemarakkan GPN 2017 di daerah lainnya," sambung pelatih Timnas sepak bola wanita Indonesia.

Baca: Giliran Hamilton Pimpin Latihan Bebas Ketiga GP Inggris


Menpora Imam Nahrawi resmi membuka Gowes Pesona Nusantara di tiga titik yakni Sabang, Atambua, Merauke pada Sabtu, 13 Mei lalu. GPN 2017 akan terus digelar di 34 Provinsi yang terdiri dari 90 titik kota dan kabupaten seluruh Indonesia dalam mengkampanyekan program #AyoOlahraga.
 
Video: Bardet Juara Etape XII Tour de France
 


(ASM)