Kata Jeff Horn Soal Kemenangan Kontroversial kontra Pacquiao

Kautsar Halim    •    02 Juli 2017 18:35 WIB
olahragatinjutinju dunia wbo
Kata Jeff Horn Soal Kemenangan Kontroversial kontra Pacquiao
Jeff Horn. (AFP PHOTO / Patrick HAMILTON)

Metrotvnews.com, Brisbane: Petinju Australia Jeff Horn berhasil merebut sabuk kelas welter versi WBO dari Manny Pacquiao. Kemenangan itu ia dapat setelah melakoni pertarungan bertajuk Battle of Brisbane di Australia, Minggu 2 Juli.

Tidak mudah bagi Horn untuk menaklukkan Pacquiao. Kemenangan itu baru ia pastikan setelah bertanding sengit selama 12 ronde dan menang angka secara mutlak, 117-111, 115-113, dan 115-113. 


Klik: Manny Pacquiao Secara Kontroversial Kalah dari Jeff Horn


Berkaca terhadap ketatnya laga, kemenangan tersebut langsung mengundang kontroversi di kalangan pecinta tinju. Terlebih lagi, Pacquiao juga berhasil memberikan perlawanan dengan baik, khususnya pada ronde sembilan.

Namun, Horn yang berusia 29 tahun tidak mau pusing dengan tanggapan publik. Ia mengaku tetap bangga dengan kemenangan tersebut karena sudah didambakan sejak lama.

"Tampaknya saya memang tampil lebih agresif dan berhasil mendaratkan pukulan bersih lebih banyak. Tapi itu hanya opini saya saja," kata Horn seusai laga.

"Saya tidak tahu bagaimana bisa menang. Saya pikir itu terjadi berkat kerumunan di belakang saya dan dukungan mereka juga," tambahnya.

"Kendati demikian, saya memang sudah yakin sejak dulu pasti bisa melakukan ini. Banyak hal yang melintas di pikiran saat itu dan membuat saya berlatih mengambil keputusan dengan tepat," lanjut Horn.


Klik: Niki Lauda Kesal dengan Sikap Sebastian Vettel


Kekalahan kontroversial ini bukan yang pertamakali dialami Pacquiao ketika bertarung di Australia. Sebelumnya, ia juga pernah kalah angka ketika bertarung dengan Timothy Bradley Jr pada 2012 silam. Sama seperti saat itu, Pacquiao juga tetap bersikap legawa seusai ditaklukkan Horn. (espn)




(KAU)