Final Voli Putri 2017

Thailand Masih Terlalu Tangguh untuk Tim Bola Voli Putri Indonesia

Kautsar Halim    •    27 Agustus 2017 17:55 WIB
sea games 2017
Thailand Masih Terlalu Tangguh untuk Tim Bola Voli Putri Indonesia
Duel antara tim voli putri Indonesia kontra Thailand (Foto: Kautsar Halim/MTVN)

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur: Tim bola voli putri harus puas meraih perak di ajang SEA Games 2017. Itu terjadi setelah mereka bentrok dengan Thailand pada fase final yang berlangsung di Hall 11 MITEC, Kuala Lumpur, Minggu 27 Agustus.

Tim bola voli putri Indonesia ditaklukkan Thailand dengan straight set, 3-0. Meski gagal mencuri poin dalam tiga set yang dimainkan, mereka bisa memberikan perlawanan dengan baik pada set kedua dan ketiga.

Indonesia tampak belum menemui permainannya pada set pertama karena kalah dengan skor yang cukup jauh pada set pertama, 18-25. Namun yang cukup mengejutkan, mereka bisa memaksa Thailand untuk menutup set kedua dengan skor deuce yang sama, yakni 24-26 dan 24-26.

Klik di sini: Prima Wisnu Sempat Dilema Tinggalkan sang Ibu dalam Kondisi Sakit

Momen dramatis terpantau Metrotvnews.com ketika Thailand hanya butuh satu angka lagi ketika memainkan set ketiga. Namun, Indonesia yang tertinggal sebanyak lima poin mampu menyamakan skor dan membuat laga dilanjutkan dengan deuce.

Sayang kesempatan itu gagal dimanfaatkan dengan baik karena para srikandi Indonesia malah kurang fokus ketika memainkan skor deuce. Alhasil, Thailand mampu mengembalikan keunggulan dan menutup laga dengan skor, 26-24.

"Set satu kami memang kalah jauh. Tapi kami tetap bisa membuktikan bahwa bisa memberi perlawanan pada set kedua dan ketiga," kata pelatih tim bola voli putri Indonesia Risco seusai laga.
 

Pelatih tim voli putri Indonesia, Risco (Foto: Kautsar/MTVN)

"Kalau saya pikir anak-anak kaget bisa sampai memberikan perlawanan seperti itu. Artinya, kelemahan kami hanya kepercayaan diri saja yang kurang," tambahnya.

Klik di sini: Terhenti di Perempat Final, Ganda Campuran Gagal Pertahankan Emas

Medali perak itu memang pantas disyukuri. Pasalnya, terakhir kali tim bola voli putri melangkah ke final adalah 20 tahun lalu atau tepatnya pada 1997. Risco berharap, dengan adanya prestasi ini Indonesia bisa lebih terpacu untuk jadi yang terbaik.

"Target kami di sini memang perak. Tapi, saya bilang kepada para pemain untuk tetap memberikan yang terbaik saat pertandingan. Saya yakin dengan adanya pengalaman di sini, tim bola voli putri Indonesia bisa semakin berkembang ke depannya. Kami hanya harus sering ikut turnamen saja untuk memupuk kepercayaan diri itu," tutup Risco.

Sesaat lagi giliran tim bola voli putra Indonesia yang bakal bertanding di final. Laga ini bisa menjadi ajang balas dendam kekalahan tim putri karena mereka juga akan berhadapan dengan Thailand.

SEA Games 2017, Ihsan Maulana Melaju ke Perempat Final
 


(FIR)