Gowes Nusantara, Menpora Berharap Masyarakat Gemar Bersepeda

Pelangi Karismakristi    •    10 April 2018 17:05 WIB
berita kemenpora
Gowes Nusantara, Menpora Berharap Masyarakat Gemar Bersepeda
Menpora Imam Nahrawi. Foto: Dok. Kemenpora

Jakarta: Menpora Imam Nahrawi menyambut baik rencana penyelenggaraan Gowes Nusantara yang akan digelar pada 6 Mei hingga 18 November 2018, dari garis start di GBK Jakarta, dan finish di Bali.

"Program unggulan Gowes Nusantara harus benar-benar ada efek di tengah masyarakat. Negara hadir untuk mendorong warganya hidup sehat dengan berolahraga, khususnya bersepeda. Misi besarnya agar dunia tahu. Bukan hanya Belanda, tetapi Indonesia juga menjadi negara yang selalu mendorong hidup sehat warganya dengan bersepeda," kata Menpora.

Kemenpora, lanjut Imam, telah meminta masyarakat untuk bersepeda. Oleh karenanya, Imam mengajak seluruh pejabat dan pegawai Kemenpora juga memberikan contoh yang baik pada masyarakat.

"Pada hari Rabu, kita berseragam bebas kasual ke kantor dan beraktivitas dengan sepeda. Saya minta besok Rabu, 11 April, kita mulai," kata pria asal Bangkalan ini, dikutip Kemenpora.go.id.

Tahun ini, Gowes Nusantara akan mengangkat tema Bangun Indonesia dan akan dikemas berbeda dari tahun sebelumnya. Jalur yang dilalui pun akan menginformasikan berbagai capaian pembangunan selama empat tahun terakhir.

Selain mengayuh sepeda ke 34 provinsi dan 70 kabupaten/kota, akan ada pula Tim Jelajah yang mengandalkan 15 atlet sepeda nasional dari berbagai daerah. Mereka akan menelusuri Kalimantan, Sulawesi, Jawa, dan Bali dengan garis start dari daerah perbatasan Entikong. Tak hanya itu saja, kegiatan ini juga akan melibatkan masyarakat di ajang Sport Event Mandiri.


(ROS)