Persiapan PON XIX Jabar Habiskan Rp2,3 Triliun

Dheri Agriesta    •    01 September 2016 17:53 WIB
pon 2016
Persiapan PON XIX Jabar Habiskan Rp2,3 Triliun
Stadion GBLA (Dok Istimewa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional XIX Jawa Barat dipersiapkan dan diselenggarakan dengan baik. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, anggaran yang disiapkan untuk mendukung penyelenggaraan PON sangat besar.

"Totalnya Rp2,3 triliun," kata Aher usai bertemu Jusuf Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (1/9/2016).

Anggaran besar itu digunakan Pemerintah Jawa Barat untuk membangun venue, menyelesaikan pembangunan venue yang terbengkalai, dan menyelesaikan akses jalan ke venue. Untuk pembagunan jalan, Pemerintah Jawa Barat menghabiskan duit sebesar Rp700 miliar.

Tapi, kata Aher, jalan dan tempat pelaksanaan acara akan berguna dalam waktu panjang, tak hanya digunakan saat PON. Aher memberi contoh jumlah stadion yang ada di Jawa Barat saat ini. Dulu, stadion yang digunakan sebagai tempat acara olahraga hanya Stadion Si Jalak Harupat.

Kini, Jawa Barat memiliki Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Bandung, Stadion Pakansari di Bogor, dan Stadion Patriot di Bekasi. Stadion-stadion ini sudah menjadi aset Pemerintah Jawa Barat.

Tak hanya stadion, Jawa Barat punya arena pacuan kuda dengan standar internasional. Arena pacuan kuda yang dibangun di Pangandaraan ini memiliki kualitas yang tak jauh beda dengan arena pacuan kuda di Inggris yang tersohor.

"Di dunia hanya ada dua yang begitu, Inggris dan Jawa Barat," kata Aher bangga.

Aher mengaku menggelontorkan banyak duit untuk persiapan pelaksanaan PON. Tapi, uang yang digelontorkan berganti menjadi aset yang melimpah. 

"Itu tadi Pak Wapres bilang jangan khawatir keluar uang, toh nilainya investasi. Betul memang investasi, karena bangunan fisik dan nonfisiknya ada di sekretariat," kata Aher.

Jawa Barat bisa dikatakan memiliki banyak tempat penyelenggaraan hampir di semua cabang olahraga setelah mengeluarkan duit yang besar. Jawa Barat punya tempat pertandingan anggar dan lapangan futsal dengan standar internasional. Untuk futsal, Pemerintah Jawa Barat harus membangun gedung baru untuk membuat lapangan dengan standar internasional.

"Kita pikir venue (tempat) yang ada sudah sesuai ternyata belum, baru ketahuan ketika kita bikin venue baru, ini jadi aset," pungkas Aher.


(RIZ)

PON XIX Jabar Resmi Ditutup

PON XIX Jabar Resmi Ditutup

2 hours Ago

Metrotvnews.com, Bandung: Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat secara resmi ditutu…

BERITA LAINNYA