Lagu Indonesia Raya di Bioskop

Tiga Organisasi Kepemudaan Setuju Lagu Indonesia Raya di Bioskop

Rendy Renuki H    •    02 Februari 2019 07:30 WIB
olahragakepemudaan
Tiga Organisasi Kepemudaan Setuju Lagu Indonesia Raya di Bioskop
Sekretaris Kemenpora, Gatot Dewabroto, dalam diskusi polemik di Jakarta. (MI/Susanto)

Jakarta: Imbauan dikumandangkannya lagu kebangsaan Indonesia Raya di bioskop, ternyata juga mendapat respons positif. Sejumlah unsur kepemudaan di Indonesia mendukung imbauan tersebut demi menumbuhkan rasa cinta Tanah Air.

Ya, satu hari yang lalu Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengeluarkan imbauan menyanyikan Indonesia Raya di bioskop sebelum film diputar, Kamis 31 Januari. Namun, imbauan tersebut justru menimbulkan kegaduhan di masyarakat.

Buntutnya, Kemenpora mengkaji kembali imbauan tersebut. Bahkan Sekretaris Menpora Gatot S Dewa Broto menegaskan akan mencabutnya. Langkah itu justru disayangkan sejumlah organisasi kepemudaan.

Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) malah menyambut baik imbauan tersebut. Ketua KAMMI Irfan Ahmad Fauzi, mengatakan imbauan menyanyikan Indonesia Raya bisa menanamkan nasionalisme, terutama di kalangan anak muda.

Baca juga: Target Lolos 16 Besar, Skuat Persib Terus Digenjot Fisik

"Spiritnya bagus Pak Menpora (Imam Nahrawi-red). Menanamkan nilai nasionalisme dan cinta Tanah Air, khususnya di kalangan anak muda milenial yang suka nonton ke bioskop." 

Catatan, mungkin karena ini hal baru jadi membutuhkan kebiasaan," kata Irfan saat dihubungi Medcom.id, Jumat 1 Februari. 

"Kalau sudah terlaksana dan biasa, sepertinya ini akan sangat mencerminkan bagaimana hal ini dilakukan dalam upaya menjaga dan menumbuhkan rasa nasionalisme di kalangan pecinta film di bioskop," sambungnya.

Senada dengan Irfan, Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) juga mendukung tetap diadakannya imbauan tersebut. Apalagi, Sekretaris Umum GMKI David Sitorus, melihat ada kekosongan ruang di masyarakat untuk menuangkan rasa nasionalismenya.

Baca juga: Tugas Pokok Komite Ad Hoc Integritas

"Saya rasa tidak ada salahnya (menyanyikan Indonesia Raya di Bioskop). Jika dilihat, ada upaya dan semangat meningkatkan nasionalisme. Karena kalau melihat masyarakat umum, waktu menyanyikan Indonesia Raya itu hanya pada momen tertentu. Jadi memang ada kekosongan di masyarakat untuk menuangkan rasa kebangsaannya," kata mahasiswa S2 Universitas Indonesia tersebut.

Sementara, dukungan juga datang dari Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI). Organisasi kepemudaan ini menyepakati diadakannya imbauan tersebut, terlebih dengan situasi kebangsaan saat ini yang rentan perpecahan.

"Saya sepakat mendukung langkah Kemenpora. Menurut saya Pak Menpora mengambil langkah cerdas bisa memahami situasi kebangsaan yang dialami hari ini. Jangan sampai generasi muda yang sangat digital sekarang ini tidak bisa meresapi dengan baik, bahkan tidak bisa menyanyikan lagu Indonesia Raya," kata Ketua Presidium PMKRI Juventus Prima Yoris Kago.

Video: PS Tira Resmi Gabung Persikabo
 


(RIZ)