Jelang Piala Dunia FIBA 2023

Erick Thohir Tantang Timnas Basket Segera Dimatangkan

Gregah Nurikhsani Estuning    •    12 Desember 2017 09:32 WIB
basket
Erick Thohir Tantang Timnas Basket Segera Dimatangkan
Erick Thohir. (Foto: Antara/Hafidz Mubarak A)

Jakarta: Erick Thohir menantang Timnas Basket Indonesia untuk memantapkan kekuatan jelang Piala Dunia FIBA 2023. Meski turnamen tersebut baru akan terselenggara enam tahun lagi, pria yang menjabat sebagai Presiden SEABA itu tak ingin melihat Indonesia loyo di hadapan lawan-lawannya kelak.

Indonesia bersama Filipina dan Jepang terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia FIBA 2023. Ketiga negara Asia tersebut mengalahkan Argentina dan Uruguay yang juga ingin menjadi tuan rumah.

Thohir mengatakan, Indonesia dan dua negara tuan rumah lainnya bakal bergerak cepat untuk melakukan persiapan. Awal tahun depan, Perbasi sebagai induk bola basket Indonesia akan membentuk konsorsium dengan Jepang dan Filipina.

Baca: Lepas Evan Brock, CLS Knights Rekrut Dua Pemain Asing


"Jadi untuk Piala Dunia FIBA 2023, kita akan bentuk konsorsium tiga negara (Indonesia, Jepang, Filipina). Waktunya memang masih enam tahun, tapi akan ada meeting pada awal tahun depan, dan itu domain Perbasi, karena saya akan urus dulu Asian Games," kata Thohir di sela-sela laporan akhir tahun INASGOC di Thamrin, Jakarta Selatan Senin 11 Desember 2017.

Chairman Inter Milan itu juga menantang Perbasi untuk menyiapkan tim yang matang sesegera mungkin. Kendati Piala Dunia FIBA masih enam tahun lagi, ia meminta pada tahun 2022 sudah terbentuk kerangka timnas basket yang siap bersaing.

Baca: Alokasi Dana Asian Games Sudah Terserap 98 Persen


"Catatan FIBA yang terpenting timnas kita harus di-upgrade, karena tidak mungkin kejuaraan dunia kita kalah 110-20 misalnya. Itulah challenge kita. Indonesia harus membangun tim yang kompetitif dari 2018-2021, kita evaluasi, dan 2022 sudah matang," jelasnya lagi.

Video: Siman Berjaya di 100 Meter Gaya Punggung dalam Test Event Asian Games




(ASM)