Asian Games 2018

Selama Asian Games 2018, GBK Tiadakan Event lain

Riyan Ferdianto    •    20 Maret 2018 12:30 WIB
asian games 2018
Selama Asian Games 2018, GBK Tiadakan Event lain
Ketua Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) Erick Thohir ( ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Jakarta: Panitia penyelenggara Asian Games Indonesia (INASGOC) menegaskan, selama berlangsungnya pesta olahraga se-Asia, Stadion utama Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta dilarang digunakan untuk event olahraga lainnya, termasuk pertandingan kompetisi sepak bola Liga 1.

Ketua INASGOC Erick Thohir mengatakan, Dewan Olimpiade Asia (OCA) sudah menetapkan Stadion Utama GBK pada Asian Games 2018 nanti hanya dipakai untuk pertandingan cabang atletik serta acara pembukaan dan penutupan Asian Games. Ketetapan tersebut sudah disetujui oleh PSSI, Kementerian PUPR dan INASGOC. 

"Penggunaan Stadion Utama GBK memang harus dikoordinasikan dengan PSSI, Kementerian PUPR dan INASGOC," kata Erick seperti dilansir Antara, Selasa 20 Maret 2018.

Klik di sini: KONI Dukung Pelaksanaan PON 2 Tahun Sekali

Erick yang juga Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) mengingatkan, pada saat pelaksanaan Asian Games 2018 nanti pertandingan olahraga lain di Indonesia ditiadakan. Sebab, Asian games adalah event olah raga Indonesia secara menyeluruh.

"Selama Asian Games 2028 ditiadakan kegiatan olahraga. Dan, penggunaan Stadion GBK bisa diusulkan setelah Asian Games 2018," ujarnya.

Secara terpisah, mantan manajer Persija Jakarta, IGK Manila mengatakan, komitmen Erick Thohir tidak perlu diragukan dalam membangun olahraga. Ia berharap, penyelenggaraan Asian Games dapat berjalan lancar dan sukses. 

"Tidak perlu diragukan lagi komitmen Erick Thohir dalam membangun olahraga Indonesia. Dan, saya berharap Erick Thohir sebagai Ketua INASGOC bisa menggelar Asian Games 2018 dengan sukses seperti yang diharapkan pak Jokowi. Sukses penyelenggaraan, prestasi dan ekonomi," katanya. (Ant)

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Menanti Kejelasan Nasib Essien


(ASM)