Jelang Asian Games 2018

Tim Voli Indonesia Siapkan Program Baru untuk Antisipasi Cedera

Monica Felicitas Gracia V    •    08 Februari 2018 23:13 WIB
asian games 2018
Tim Voli Indonesia Siapkan Program Baru untuk Antisipasi Cedera
Suasana pelatnas tim voli putri Indonesia dalam persiapan menuju Asian Games 2018 (Foto: medcom.id/Monica Felicitas Gracia)

Jakarta: Antisipasi cedera menjadi salah satu fokus timnas bola voli putra dan putri Indonesia jelang tampil di Asian Games 2018. Untuk itu, Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) menyiapkan serangkaian program bersama dokter tim, Anita Suryani.

Anita terlihat hadir dalam sesi latihan Timnas voli Indonesia di Padepokan Bola Voli Jenderal Polisi Kunarto Sentul, Jawa Barat. Ia terlibat perbincangan serius dengan pelatih Timnas voli putra dan putri, Samsul Jais dan Risco Herlambang.

Dalam perbincangannya dengan medcom.id, Anita mengatakan, hingga saat ini timnya belum melakukan tes kebugaran bagi skuat Pelatnas yang baru. Rencananya, tes kesehatan akan dilakukan setelah para pemain menjalani test event pada 11 hingga 15 Februari mendatang.
 

Baca: Tim Voli Putra Inginkan Uji Coba ke Jepang


Anita menjelaskan, selain meningkatkan fisik para pemain, ia juga membuat program baru, yakni penggunaan papan keseimbangan untuk mencegah terjadinya cedera. Program ini juga telah dilakukan atlet-atlet voli dari luar negeri.

"Program latihan pencegahan keseimbangan untuk antisipasi engkel ini merupakan program baru tahun ini," kata Anita.



Adanya program latihan baru dikatakan alumni kedokteran Universitas Indonesia ini merupakan evaluasi dari program Pelatnas saat persiapan SEA Games 2018 lalu.

"Nantinya akan disediakan papan keseimbangan yang akan digunakan saat pemanasan, ini sudah terbukti diterapkan bagi atlet-atlet luar negeri," ujar Anita.

Dalam test event nanti, Timnas voli Indonesia akan berhadapan dengan Hong Kong, Timor Leste dan Jepang.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: ?Wisma Atlet Kemayoran Sudah Siap Huni



(ACF)