ASEAN Basketball League (ABL) 2017--2018

Pemain Asing Baru Bermain Baik, CLS Kalahkan Wakil Malaysia

Krisna Octavianus    •    05 Februari 2018 13:42 WIB
asean basketball league
Pemain Asing Baru Bermain Baik, CLS Kalahkan Wakil Malaysia
Charles Keith Jensen (nomor 45) (Foto: ist)

Kuala Lumpur: CLS Knights Indonesia melanjutkan tren positif di ajang ASEAN Basketball League (ABL) 2017--2018, setelah mampu memetik kemenangan atas tuan rumah Westports Malaysia Dragons 92-82, Minggu 4 Februari sore WIB. Ini merupakan kemenangan kedua beruntun yang dipetik skuat Koko Heru Setyo Nugroho, setelah pada game sebelumnya berhasil mengalahkan Formosa Dreamers.

Point guard kawakan CLS Knights, Mario Wuysang, didaulat sebagai pemain terbaik dalam laga kemarin. Ia berhasil mencetak 19 poin, lima rebound, empat assist, dan dua steal.

Namun, pemain asing terbaru mereka, Charles Keith Jensen mencuri perhatian dengan tampil gemilang. Debutnya bersama CLS Knights diwarnai dengan catatan statistik yang cukup bagus, yakni 18 angka, tiga rebound, satu assist, dan satu steal. Pemain berdarah Filipina itu juga piawai dalam melepaskan tembakan tiga angka, dari tujuh kali usaha yang ia lakukan, tiga di antaranya berhasil menjadi skor bagi CLS Knights. Ia juga sangat agresif dalam membantu lini pertahanan timnya.

Kemenangan CLS Knights tidak lepas dari keunggulan mereka melepaskan tembakan tiga angka pada dua kuarter awal. Mario Wuysang dkk mencetak delapan kali tembakan tiga angka yang berbuah poin. Sementara itu, Westports Dragons hanya bisa mengemas lima kali saja.

Selain itu, para pemain cadangan CLS Knights juga banyak berbicara memberikan sumbangsih angka yang signifikan untuk membantu meraih keunggulan pada dua kuarter awal (21 poin) 51-38.

Berada di atas angin, membuat para pemain CLS Knights lebih percaya diri dan leluasa lagi untuk menghujani ring Dragons pada dua kuarter terakhir. Mario beserta mesin pencetak angka CLS Knights lainnya, yakni Shane Edward mampu mengobrak-abrik lini area pertahanan tuan rumah. Hasil akhir, CLS menang 92-82.

Kemenangan ini membuat asa CLS Knights sedikit terangkat untuk meraih tiket babak play-off, meskipun pertandingan berikutnya juga tidak akan mudah untuk dilakoni para pemain CLS Knights Indonesia.

"Kemenangan beruntun ini jelas mengangkat moral kami. Para pemain saya sangat fokus menjalankan tugas mereka secara tim. Tapi ada sedikit catatan, kami butuh perbaikan untuk urusan tembakan bebas yang hanya 60% dan masih memperbolehkan lawan untuk dapat offensive rebound (21 kali). Keith Jensen juga menunjukkan kelasnya sebagai pemain profesional. Juga Mario, Freddie, Shane Edwards, Brian Williams, dan Sandy Febriansyakh melakukan game plan yang saya susun dengan baik. Kredit juga saya berikan untuk para pemain cadangan yang semakin berkembang setiap laga," ujar Koko dalam keterangan resminya.

"Mungkin dengan defense yang diperagakan Keith Jensen pada game ini, ia seperti kepingan puzzle kami yang hilang. Tapi ini masih laga awal untuk dia. Saya yakin dia akan terus berkontribusi lagi di game selanjutnya," imbuhnya lagi.

"Ini kemenangan yang luar biasa untuk saya dan tim. Dengan bermain seperti ini, saya yakin CLS Knights akan terus berkembang. Ini juga start yang bagus untuk memulai lagi pada pertandingan selanjutnya. Kami akan terus berjuang sampai bisa lolos kebabak play-off," komentar Charles Jensen usai laga.

Pertandingan selanjutnya CLS Knights akan menjamu Alab Philipinas pada 11 Februari di GOR Kertajaya, Surabaya. 

 


(KRS)