Rhino Cross Triathlon

Muhammad Taufik Pertahankan Gelar Rhino X-Tri

Kautsar Halim    •    30 September 2018 22:12 WIB
olahragatriathlon
Muhammad Taufik Pertahankan Gelar Rhino X-Tri
Selebrasi Muhammad Taufik saat di ajang Rhino X-Tri. (Foto: Medcom.id/Tesar)

Pandeglang: Muhammad Taufik kembali menjuarai ajang Rhino Cross Triathlon atau Rhino X-Tri 2018. Ini merupakan prestasi keduanya di event yang sama karena dia juga menjadi yang terbaik saat memainkan kelas male open pada tahun lalu.

Taufik yang juga atlet timnas Indonesia finis paling depan dengan catatan waktu 2 jam 53 menit 10 detik. Torehan itu lebih lama ketimbang tahun lalu karena dia tampil di kelas eagle yang baru diadakan pada tahun ini.

Eagle merupakan kelas terberat di ajang Rhino X-Tri 2018. Para pesertanya ditantang berenang di laut sejauh 1,5 km, bersepeda gunung 30 km dan lari 15 km. Sebelumnya atau pada tahun lalu, Taufik menjadi yang terbaik lewat nomor rhino.

Klik: Klasemen Pembalap Usai GP F1 Rusia

Perjuangan mempertahankan gelar Rhino X-Tri diakui Taufik sangat berat. Pasalnya, dia sempat vakum dengan event triathlon sejak awal tahun lalu dan tidak menyangka rute lintasannya bakal berubah menjadi lebih menyulitkan. Saking beratnya, Taufik harus terjatuh tiga kali saat bersepeda.

"Waktu berenang sudah sangat menantang. Rute yang dibuat letter L memaksa saya lebih sering membaca posisi balon (pembatas rute). Kemudian, ketika bersepeda juga ekstrim karena saya sempat jatuh tiga kali. Itu terjadi karena shock breaker belakang sepeda saya tak berfungsi," kata Taufik kepada wartawan seusai lomba.

"Cuaca juga terasa lebih panas ketimbang tahun lalu. Tapi, kalau lari tak banyak masalah. Mungkin ketika kilometer 3 dan 4 saja yang sangat berat karena lintasannya berupa pasir. Kelas eagle ini benar-benar sangat menantang bagi saya," tambah Taufik yang juga mengaku puas dengan pencapaiannya maupun penyelenggaraan event.

Klik: Kejuaraan MTB XC-M Sukses Terselenggara di Tanjung Lesung

Finis di belakang Taufik ada Ady Akhmad Jukardi dengan catatan waktu 2 jam 57 menit dan 52 detik. Sementara itu, untuk podium ketiganya diisi oleh atlet asal Belanda Maarten Vrouenraets yang menorehkan waktu 2 jam 59 menit 57 detik.

Rhino X-Tri merupakan kejuaraan triathlon tahunan berlevel internasional yang terselenggara di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten, Minggu 30 September. Event ini termasuk dalam rangkaian acara Festival Pesona Budaya Tanjung Lesung yang bergulir selama tiga hari (28-30 September). 




(KAU)