Jelang Asian Para Games 2018

Menelusuri Persiapan Tim Bola Voli Duduk Putra Indonesia

Kautsar Halim    •    28 September 2018 23:45 WIB
olahragaasian para games
Menelusuri Persiapan Tim Bola Voli Duduk Putra Indonesia
Tim bola voli duduk putra Indonesia beserta jajaran pelatihnya-Medcom.id/Kautsar

Jakarta: Matsuri, pelatih tim nasional bola voli duduk putra Indonesia memaparkan kesiapan timnya untuk mengarungi Asian Para Games 2018. Menurutnya, tim bola voli duduk Indonesia masih terus mengasah strategi dan kekompakan.

"Kalau persiapan sudah dimatangkan di Solo. Sekarang tinggal kepada taktik, jaga kebugaran dan melatih mental yang tentu berperan besar dalam pertandingan," kata Matsuri usai latihan di GBK Arena.

Berdasar pantauan medcom.id, beberapa pemain tim bola voli duduk Indonesia beberapa terlihat tidak lagi muda. Meski begitu, mereka tetap berlatih dengan riang dan penuh semangat. Asisten Matsuri yang terdiri dari beberapa pemuda dan pemudi dari Jawa Tengah, juga serius melatih mereka.

Baca juga: Hamilton Kalahkan Vettel di Latihan Bebas Kedua

Timnas bola voli Indonesia dijelaskan Matsuri sempat vakum sejak 2011 karena minimnya turnamen internasional cabang olahraga tersebut. Regenerasi juga sulit dilakukan karena tidak bisa sembarangan kaum disabilitas bisa terjun ke olahraga ini.

Secara matematis, timnas boli voli duduk Indonesia baru dibentuk sekitar delapan bulan yang lalu atau tepatnya pada Maret 2018. Meski begitu, mereka sudah menjalani berbagai proses latihan baik itu di dalam maupun di luar negeri. 

"Beberapa waktu lalu, kami juga sempat latihan di Malaysia selama 10 hari. Hasil ketika menghadapi klub-klub lokal di sana terbilang cukup positif untuk menambah jam terbang," kata Matsuri. 

Baca juga: Tersingkir, Anthony Ginting Gagal Ciptakan All Indonesian Final
 
Timnas bola voli duduk putra Indonesia memasang target menembus semifinal di Asian Para Games 2018. Target tersebut cukup realistis mengingat Tiongkok dan Iran masih menjadi unggulan olahraga ini.

Kendati demikian, bukan berarti skuat Merah Putih gentar dengan dua negara raksasa tersebut. Justru sebaliknya, Matsuri malah yakin para pemainnya bisa tampil lebih baik dan penuh semangat dengan dukungan suporter Indonesia.

"Dukungan penonton sangat penting sekali untuk mental bertanding atlet. Mereka akan tampil makin all out apabila mendapat dukungan lebih besar. Namun, tiap pemain tetap harus punya mental juara sendiri-sendiri," ujar Matsuri.

"Oleh karena itu, dengan adanya sosialisasi yang gencar dari media, Kemenpora, Kemensos dan beberapa pihak lainnya, saya harap masyarakat bisa lebih perhatian dan mendukung penuh tim kami," tambahnya.

Asian Para Games 2018 akan berlangsung di Jakarta pada 6-13 Oktober mendatang. Lawan yang sudah menunggu tim bola voli duduk putra Indonesia adalah Tiongkok, Mongolia, Jepang, dan Iran. Mereka semua bertanding di venue Tennis Indoor Senayan.

Video: Atlet Panahan Asian Para Games Optimistis Raih Emas
 


(RIZ)