Cavaliers Resmi Pecat Tyronn Lue Sebagai Pelatih

Riyan Ferdianto    •    29 Oktober 2018 07:53 WIB
nba
Cavaliers Resmi Pecat Tyronn Lue Sebagai Pelatih
Tyronn Lue (AFP/Maddie Meyer)

Los Angels:  Tim bola basket NBA, Cleveland Cavaliers, mengumumkan secara resmi telah memecat Tyronn Lue dari jabatan pelatih kepala. Cavaliers menunjuk Larry Drew sebagai pelatih kepala sementara.

Pengumuman itu disampaikan oleh General Manager Cavaliers, Koby Altman, pada Senin 29 Oktober dini hari WIB, demikian disiarkan laman resmi tim. Hal itu menyusul awal musim yang buruk dengan catatan nirkemanangan dalam enam pertandingan.

"Ini merupakan keputusan sulit. Apalagi Coach Lue telah bersama kami dalam lebih dari empat tahun terakhir, dan kami mencapai empat final beruntun bersamanya," ujar Altman.

Kendati mengaku menghormati dan menghargai capaian Lue mendampingi Cavaliers menjuarai NBA pada 2016 silam dalam kondisi tak diunggulkan, Altman menilai saat ini situasinya berbeda.

"Ini tim yang berbeda, yang membutuhkan suara dan pendekatan lain demi perubahan ini," katanya.

Klik di sini: Suarez Bersinar, Barcelona Hancurkan Madrid

Sepeninggal megabintang LeBron James ke Los Angeles Lakers dengan status bebas kontrak pada musim panas lalu, Cavaliers mengawali musim dengan cara terburuk yakni nirkemenangan dalam enam pertandingan pertama. Enam kekalahan tersebut, membuat Lue memiliki catatan 128 kali menang dan 83 kala sepanajng menangani Cavaliers di musim reguler, sedangkan di fase playoff catatannya beruap 41-20.

Larry Drew saat mendampingi Cleveland Cavaliers dalam laga melawan New Orleans Pelicans di Quicken Loans Arena, Ohio, Amerika Serikat, 30 Maret 2018, ketika Tyronn Lue tengah menjalani pengobatan. Drew, penggati Lue, merupakan pendamping pelatih kepala Cavaliers sejak September 2016, sebelumnya pada 2014-2016 ia menjabat asisten pelatih.

Ia pernah berpengalaman menjadi pelatih kepala Milwaukee Bucks pada 2013-2014. Drew juga selalu mengantarkan Atlanta Hawks ke fase playoff selama ia menanganinya pada 2010-2013. Drew juga sempat mendampingi Cavaliers dalam beberapa pertandingan di bulan
Maret dan April 2018 selama Lue menjalani pengobatan atas masalah kesehatan yang dihadapinya.

Video: Data dan Fakta Garuda Nusantara di Piala Asia U-19