Piala AFF Futsal 2018

Indonesia Harus Meminimalisasi Kesalahan Lawan Thailand

Ahmad Mustaqim    •    07 November 2018 21:15 WIB
bolaPiala Aff Futsal
Indonesia Harus Meminimalisasi Kesalahan Lawan Thailand
Pemain futsal Indonesia, Sunny Rizky Suhendra (berkostum merah) saat melawan Kamboja. Medcom.id-Ahmad Mustaqim

Sleman: Pelatih Tim Nasional (Timnas) futsal Indonesia, Kensuke Takahashi mengatakan sudah menyiapkan strategi untuk laga semifinal Piala AFF Futsal 2018 melawan Thailand. Ia berharap strategi yang disiapkan bisa membawa Indonesia mencapai hasil terbaik. 

"Saya sudah menyiapkan berbagai taktik (untuk laga semifinal). Mungkin bisa membangkitkan kita, bisa mengubah menjadi juara" kata Kensuke di GOR Universitas Negeri Yogyakarta, Rabu 7 November 2018. 

Ia mengatakan, Thailand merupakan tim yang lebih berpengalaman. Kensuke menilai, para pemain harus berusaha menjalankan taktik permainan 100 persen di lapangan. 

Baca juga: AFF Futsal: Bungkam Vietnam, Thailand Jumpa Indonesia di Semifinal

Maklum, selama tiga pertandingan di babak penyisihan, Thailand selalu menang. Tak hanya itu, Thailand menjadi tim paling produktif dengan mencetak 35 gol dan hanya kebobolan satu gol. 

Timnas Futsal Thailand yang dibesut José María Pazos Méndez juga bermain sangat impresif. Bahkan, saat bermain dengan empat pemain melawan Vietnam, pertahanan Thailand sangat sulit ditembus. 

"(Permainan) Thailand akan lebih berat, karena beraroma Eropa. Defense mereka bagus. Sangat penting bagi para pemain kami untuk mengurangi kesalahan-kesalahan kecil," ujarnya. 

Baca juga: Cukur Kamboja, Timnas Futsal Indonesia Melangkah ke Semifinal

Di semifinal, Jumat 9 November lusa, Indonesia dipastikan tanpa Mochammad Iqbal Rahmattulah dan Andri Kustiawan yang mendapat cedera engkel. Cedera keduanya didapat saat Indonesia menghadapi Malaysia.

Kensuke berharap timnya tak tergantung kepada pemain tertentu. "Kami tak tergantung pada satu dua pemain. Saya kira kita akan ada solusi (pemain pengganti) untuk laga selanjutnya," ungkapnya.

Video: 19 Pemain Asing Siap Berlaga di IBL
 


(RIZ)