Asian Para Games 2018

11 Atlet tak Lolos Kualifikasi APG 2018

M. Rizky Adhestian    •    05 Oktober 2018 20:00 WIB
olahragaasian para games
11 Atlet tak Lolos Kualifikasi APG 2018
Ilustrasi (Istimewa)

Jakarta: Hasil kualifikasi atlet Asian Para Games 2018, hingga Jumat 5 Oktober 2018 siang, mencatat 11 atlet dinyatakan tidak lolos. Ke-11 atlet tersebut memang mengidap disabilitas (impairment), namun tidak layak mengikuti APG.

Dalam setiap pelaksanaan ajang olahraga paralympic, memang didahului dengan kualifikasi disabilitas atlet. Hal tersebut bertujuan untuk mengklasifikasikan para atlet berdasarkan tingkat disabilitasnya.

Klasifikasi tersebut nantinya berguna untuk mengelompokkan si atlet sepadan dengan lawannya. Bahkan, ada juga atlet yang gugur dalam kualifikasi karena tingkat keparahan disabilitasnya tidak mencapai standar yang ditentukan.

Baca juga: Rekayasa Lalin juga akan Diberlakukan saat Asian Para Games

Direktur Klasifikasi Panitia Asian Para Games 2018, dr Christopher, melaporkan adanya 11 atlet yang tidak lolos dari total 886 yang sudah melewati kualifikasi. Tiga di antaranya disebut sudah mengajukan banding.

"Dari 886 atlet yang dilakukan klasifikasi, yang mengalami perubahan kelas INT (instastus changing) ada banyak. Tapi, yang benar-benar statusnya impairment tapi tak bisa bertanding, itu kurang lebih 11 atlet sampai sesi (kualifikasi) pagi update jam 11," kata Christopher.

"Yang melakukan protes ada tiga atlet dari dua negara. Yang sudah diproses satu, yang ditolak satu," lanjut dia.

Banding atau protes bisa dilakukan lewat Chief de Mission (CdM) atau wakil CdM tiap negara. Mereka perlu membayar senilai USD200 (Rp3 juta) sebagai jaminan dalam satu kali banding.

Jika banding diterima, maka uang jaminan akan dikembalikan. Sebaliknya, jika ditolak maka uang tersebut akan masuk ke federasi internasional cabang olahraga yang diprotes.

Video: Atlet Panahan Asian Para Games Optimistis Raih Emas
 


(RIZ)