Kalahkan Singapura, Tim Hoki Es Indonesia Juara di Ajang IIHT 2016

Krisna Octavianus    •    19 Oktober 2016 01:38 WIB
olahraga
Kalahkan Singapura, Tim Hoki Es Indonesia Juara di Ajang IIHT 2016
Ketua Umum Federasi Hoki Es Indonesia (FHEI) Berdi Sabri, Kapten Tim Hoki Es Batavia Demons A, Jonathan Sudharta saat menerima trofi (Foto: ist)

Metrotvnews.com, Tangerang Selatan: Setelah tim Batavia Demons memenangkan berbagai kejuaraan hoki es tingkat dunia, seperti pada pertandingan Lion City Cup, di Singapura pada bulan Maret 2016 lalu, kali ini kembali tim perwakilan Indonesia, Batavia Demons berhasil menjuarai kejuaraan es hoki bergengsi di Indonesia, yaitu  Indonesia Ice Hockey Tournament Extra Joss 2016 (IIHT 2016).

Pada pertandingan Final, Batavia Demons A berhadapan dengan Singapore DP Mantis. Jalannya laga ini berlangsung ketat dan keras, kedua tim saling menampilkan performa terbaik mereka dan mengatur strategi yang baik untuk mendapatkan piala bergensi ini.

Hampir saja kemenangan berpihak pada tim lawan, saat salah satu pemain dari Batavia Demons dengan nomor punggung 89, Ronald Widjaja melanggar pemain lawan dan membuahkan penalti pada menit akhir. Akibatnya, Batavia Demons harus bermain dengan empat pemain. Namun akhirnya setelah melewati tiga babak, kedua tim berbagi angka sama 2-2, mengakibatkan perlu dilakukan perpanjangan waktu.

Hingga akhir perpanjangan waktu skor tetap sama. Adu penalti pun dilakukan, kiper Batavia Demons Santo Wong berhasil menjadi pahlawan buat timnya, saat ia berhasil menahan dua tembakan dari tim Singapore Mantis membuat skor menjadi 4-2 sehingga membuat tim Batavia Demons akhirnya berhasil keluar sebagai juara.

“Tim Singapore DP Mantis bermain sangat baik sekali. Saya coba untuk mengatur strategi dengan memaksimalkan kekompakan pemain, akhirnya apa yang saya coba lakukan berhasil. Selain itu, saya juga sangat bangga sekali dengan pemain kami Anryan yang berhasil mendapatkan “Best Forward” di dalam kejuaraan ini. Dalam kesempatan ini saya ingin menyampaikan bahwa kemenangan ini bukan hanya untuk tim Batavia Demons melainkan kemenangan untuk Indonesia,” ujar Jonathan Sudharta, kapten tim Batavia Demons A.

Tournament hoki es yang disponsori ini diadakan di  BX Rink, Bintaro Jaya Xchange Mall mulai dari tanggal 12-15 Oktober 2016. Diikuti oleh 4 tim yang terdiri dari tim Batavia Demons A, Batavia Demons B yang mewakili Indonesia, Singapore DP Mantis dan tim dari gabungan pemain asal jepang, Iron Horse. 

Kejuaraan IIHT 2016  ini merupakan rangkaian dari kegiatan Tim Indonesia Musim Dingin, di mana Indonesia dipastikan berlaga di Asian Winter pada Februari 2017, yang rencananya akan berlangsung di kota Saporo, Jepang. Dalam pelaksanaan olahraga musim dingin Asia tersebut, Indonesia akan bermain dalam tiga cabang olahraga, yakni hoki es, figure skating dan short track speed.

Ketua Umum Federasi Hoki Es Indonesia (FHEI) Berdi Sabri mengatakan, "Ini merupakan kesempatan besar bagi Indonesia, kami dari FHEI perlu dukungan pemerintah dan masyakat Indonesia agar tim hoki es Indonesia dapat berkiprah lebih jauh di ajang internasional. Walaupun perkembangan hoki es Indonesia masih di taraf awal, tapi telah dapat menorehkan prestasi yang membanggakan seperti kemenangan tim Batavia Demons A di turnamen ini.”

 


(KRS)