Jelang Perbasi Cup

Perbasi Cup 2016 Dulu, IBL Kemudian

   •    19 Oktober 2016 21:42 WIB
bola basketolah raga
Perbasi Cup 2016 Dulu, IBL Kemudian
Suasana final IBL 2016 lalu antara CLS Knights Surabaya versus Pelita Jaya EMP (Foto: Antara/Widodo S Jusuf)

Metrotvnews.com, Jakarta: Klub basket Satria Muda Pertamina yakin Liga Basket Indonesia (Indonesian Basket League/IBL) 2017 akan bergulir seperti tahun-tahun sebelumnya.

"IBL setahu saya ada, tetapi tanggal pelaksanaannya belum ditetapkan," ujar asisten pelatih Satria Muda Pertamina Youbel Sondakh, di Gelanggang Olah Raga Soemantri Brodjonegoro, Jakarta, Rabu (19/10/2016).

Youbel percaya, belum pastinya waktu penyelenggaraan IBL, bukan berarti ditiadakan. Sebab, menurut dia, banyak pihak yang tidak akan membiarkan hal itu terjadi.

"Masih ada orang-orang yang peduli terhadap dunia basket Indonesia," kata Youbel, yang juga salah satu pemain legenda Satria Muda.

Baca juga: Thunder Libas Timberwolves pada Laga Pramusim NBA

IBL 2017 memang belum pasti penyelenggarannya. Namun, pada laman daring resmi IBL, Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) menyatakan kompetisi tersebut akan dilaksanakan setelah Piala Perbasi (Perbasi Cup) 2016 pada 23--30 Oktober 2016 di Jakarta.

PP Perbasi menyatakan bahwa Piala Perbasi merupakan ajang pemanasan bagi para tim sebelum berkompetisi di Indonesian Basketball League (IBL) nantinya.

"Perbasi Cup juga akan menjadi proses awal seleksi bagi para pemain yang akan dipanggil Tim Nasional untuk bertarung di SEA Games 2017," kata Sekjen Perbasi, Budi Satrio Djiwandono, dikutip dari IBL.

Perbasi Cup akan diikuti 10 klub IBL, termasuk CLS Knights Surabaya, juara IBL 2016. Selain CLS, sembilan klub lainnya adalah Satria Muda Pertamina Jakarta, Stadium Jakarta, Bandung Utama, NSH Jakarta, Pelita Jaya, Aspac Jakarta, Pacific Caesar Surabaya, Satya Wacana Salatiga, dan Hangtuah Sumsel.

Kompetisi dengan total hadiah Rp100 juta ini diadakan di dua tempat. Babak penyisihan di GOR Soemantri Brodjonegoro, babak semifinal dan final berlangsung di Britama Arena Mahaka Square.(ant)

 
Video: Preview Barca vs M City: Menanti Resep Ampuh Pep Guardiola


(RIZ)