Olahraga Tradisional

Menpora Ingin Jadikan Madiun Kabupaten Pencak Silat

Rendy Renuki H    •    19 Maret 2017 01:53 WIB
kemenporaolahraga tradisional
Menpora Ingin Jadikan Madiun Kabupaten Pencak Silat
Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi (Istimewa/Dok. Humas Kemenpora)

Metrotvnews.com, Madiun: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi ingin menjadikan Madiun sebagai Kabupaten Pencak Silat. Hal itu diungkapkannya saat menyambangi Pendopo Kabupaten Madiun yang disambut 11 perguruan Pencak Silat, Sabtu 18 Maret malam.

Madiun memang terkenal dengan sebutan 'Kampung Pendekar' sejak lama. Bukan berarti kota tersebut semua warganya adalah pendekar, melainkan banyaknya perguruan Pencak Silat yang ada di kota yang juga terkenal dengan santapan khasnya yakni Nasi Pecel.

Kesebelas perguruan pencak silat itu diantaranya Persaudaraan Setia Hati Terate, Persuadaraan Setia Hati Tunas Muda Winongo, Persaudaraan Setia Hati Tuhu Tekad, IKS Kera Sakti, Ki Ageng Pandan Alas, Tapak Suci, Pro Patria, Persinas ASAD, Merpati Putih, Pagar Nusa dan Cempaka Putih.

(Baca: Menpora Mengajak Para Santri Jadi Panitia di Asian Games)


"Saya sebagai Menpora, tugas saya juga adalah mempromosikan tempat wisata di Indonesia yang dikaitkan dengan olah raga. Karena kita ingin Indonesia punya keunggulan di bidang olah raga," ujar Imam.

"Olah raga yang asli adalah Pencak Silat, Sepak Takraw, dan Tarung Derajat. Kita sekarang ingin Madiun menjadi Kabupaten Pencak Silat," sambungnya.

Pencak Silat memang telah menjadi salah satu bela diri tradisional yang telah dipertandingkan di ajang internasional sekelas SEA Games dan Asian Games. Meski di ajang Asian Games, Pencak Silat termasuk ke dalam nomor cabor Martial Art Sports, tak seperti di SEA Games yang memang sudah terhitung menjadi sebuah cabor.

Video: Kevin/Marcus Dinobatkan Jadi Ganda Putra Terbaik Dunia
 


(REN)