Balap Sepeda TdF 2017

Pembalap 11 Negara Ikuti Tour de Flores 2017

Antara    •    13 Juli 2017 20:56 WIB
balap sepeda
Pembalap 11 Negara Ikuti Tour de Flores 2017
Ilustrasi (Istimewa)

Metrotvnews.com, Larantuka: Sebanyak 11 negara mengerahkan timnya untuk bersaing dalam lomba balap sepeda Tour de Flores (TdF) 2017, yang akan dimulai, Jumat 14 Juli 2017 besok, di Larantuka, Nusa Tenggara Timur.

Malam ini, Kamis 13 Juli, seluruh peserta diterima Gubernur NTT Frans Lebu Raya dalam acara pembukaan lomba balap sepeda jalan raya internasional itu di Taman Kota Larantuka, Kabupaten Flores Timur.

Pembalap dari 11 negara yang akan tampil terbagi dalam tim masing-masing. Tuan rumah Indonesia sendiri dalam gelaran kedua lomba TdF 2017 akan menurunkan empat tim.

Baca juga: Satlak Janji Tuntaskan Masalah Gaji

Tim negara lainnya di antaranya CCN Cyling Team (Laos), Sapura Cycling Team (Filipina), PGN Road Cycling Team (Indonesia), Terengganu Cycling Team (Malaysia), Futuro Cyling Team (Australia), Kinan Cycling Team (Jepang), Geumsan Insam Cello (Korea Selatan) hingga Pishgaman Cycling Team (Iran).

Selain itu juga ada tim dari Tiongkok, Hongkong, dan Thailand. Total peserta yang ikut sekitar 150 pembalap.

Peserta TdF 2017 nantinya akan menempuh jarak sekitar 808 kilometer, melintasi timur Pulau Flores di Kota Larantuka dan finis di Labuhan Bajo di barat. Rute terbagi dalam enam etape, dan peserta langsung dihadapkan dengan rute tanjakan antara Larantuka ke Maumere.

Ketua Panitia TdF 2017 Primus Dorimulu, mengatakan, melalui event ini dunia diajak untuk melihat Flores secara keseluruhan. Flores yang kaya akan objek wisata alam dan budaya.

Baca juga: Setelan Jas "Sarkasme" McGregor yang Memancing Emosi Mayweather

TdF adalah sport tourism, event olahraga yang dimaksudkan untuk mempromosikan potensi wisata Flores, katanya. Dengan makin terkenalnya lomba balap sepeda TdF, diharapkan wisata di Flores dan NTT akan lebih populer lagi.

Sementara itu, Gubernur NTT Frans Lebu Raya dalam acara pembukaan dan penyambutan peserta tersebut, mengatakan Tour de Flores merupakan salah satu upaya agar NTT dikenal secara internasional.

"Kami terus menggagas berbagai event internasional, termasuk membenahi infrastruktur pendukung. Tahun lalu kami pun menggelar Tour de Flores dan sukses," kata Frans Lebu Raya.

Dari sisi prestasi olahraga, Gubernur juga mengharapkan nantinya akan muncul pembalap dan tim-tim lokal NTT yang bisa ikut serta dalam lomba skala internasional tersebut.

Video: Tim Atletik Indonesia Datangkan Pelatih dari AS
 


(RIZ)