Kontroversi Pertarungan Manny Pacquiao vs Jeff Horn

Protes Manny Pacquiao Tak Dikabulkan WBO

Kautsar Halim    •    05 Juli 2017 20:50 WIB
tinjutinju dunia wbo
Protes Manny Pacquiao Tak Dikabulkan WBO
Ekspresi Manny Pacquiao usai dikalahkan Jeff Horn. (AFP PHOTO / Patrick HAMILTON)

Metrotvnews.com: Protes Manny Pacquiao atas hasil laga kontra Jeff Horn tidak dikabulkan Organisasi Tinju Dunia (WBO). Jika tidak terima dengan hasil laga tersebut, WBO menganjurkan Pacquiao untuk menggelar laga ulang.

Pacquiao dan Horn terlibat pertarungan bertajuk Battle of Brisbane di Australia pada Minggu 2 Juli lalu. Hasil laga menjadi kontroversial karena Horn diputuskan keluar sebagai pemenang dengan angka mutlak, 17-111, 115-113 dan 115-113.


Klik: Sirkuit Jerez Siap Berpoles usai Dapat Dana dari Pemda Setempat


Pacquiao tidak terima keputusan juri tersebut karena menganggap mampu memberikan perlawanan lebih baik sepanjang duel. Selain itu, dia juga tampil dengan status  pemilik sabuk kelas welter versi WBO.   "Saya suka tinju dan tak ingin merusak kesenangan itu dengan adanya keputusan yang tidak adil," kata Pacquiao seusai laga.

"Saya memang menerima keputusan hasil pertandingan. Tapi sebagai seorang pemimpin, saya juga punya kewajiban untuk menegakkan keadilan di mata publik," tambahnya.


Klik: Milos Raonic Menapaki Putaran Kedua


Sikap keberatan Pacquiao langsung ditanggapi serius oleh badan pengawas olahraga Filipina pada sehari setelah pertandingan. Saat itu, mereka mengirimkan surat kepada WBO yang isinya meminta hasil laga ditinjau ulang.

"Kami membuat surat ini agar dilakukan peninjauan ulang terhadap hasil pertandingan dan memberikan sanksi kepada wasit dan juri apabila diperlukan. Ini dilakukan untuk melindungi integritas olahraga," tulis sebuah pernyataan dalam surat kepada WBO.

Menariknya, terdapat pernyataan langsung dari Pacquiao dalam surat protes tersebut. Pernyataan itu ia lampirkan dengan status sebagai senator Filipina.

"WBO harus mengambil tindakan yang tepat atas surat yang dikirim oleh Dewan Olimpiade dan Hiburan agar tidak mengikis ketertarikan masyarakat terhadap tinju," tulis Pacquiao dalam surat tersebut.

Meski sudah diajukan atas nama negaranya sendiri, protes itu tampaknya gagal terealisasi. WBO beranggapan hasil laga sudah cukup adil dan menganjurkan untuk menggelar laga ulang apabila kurang puas dengan kinerja wasit maupun juri pertandingan.

"Keputusan juri maupun wasit tidak bisa dibatalkan, kecuali ada pelanggaran di luar pertandingan," tulis sebuah pernyataan dari surat balasan WBO

"Terdapat klausul pertandingan ulang dalam kontrak laga. Namun merujuk aturan WBO, laga ulang itu baru bisa dilakukan apabila disetujui oleh promotor," tambah pernyataan tersebut. (boxingscene.com)

 


(ACF)