SEA Games 2017

MASOC Diminta Cepat Tarik Buku Pedoman SEA Games

Rendy Renuki H    •    21 Agustus 2017 22:50 WIB
sea games 2017
MASOC Diminta Cepat Tarik Buku Pedoman SEA Games
Bendera Indonesia terbalik di buku panduan SEA Games 2017 Malaysia (Dok: Kemenpora)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kasus bendera Merah-Putih terbalik di buku panduan SEA Games 2017 Malaysia belum ada update terbaru. Namun, pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sudah meminta Komite Organisasi SEA Games Malaysia (MASOC) segera menarik buku yang menampilkan bendera Indonesia terbalik tersebut.

Sekretaris Menpora Gatot S Dewa Broto, mengatakan penarikan peredaran buku panduan SEA Games mestinya tidaklah sulit. Ia juga mengatakan belum ada laporan ke pihaknya mengenai cetakan baru buku pedoman SEA Games yang merevisi gambar bendera Indonesia.

"Update sampai siang ini belum ada. Satu sisi, statemen resminya sudah diterima Pak Menteri (Imam Nahrawi). Sampai siang tadi dokumen itu belum sepenuhnya ditarik, dan dalam hitungan jam belum ada dokumen baru," ucap Gatot saat ditemui di Kantor Kemenpora, Jakarta, Senin 21 Agustus 2017.

Baca juga: Selesaikan Polemik Bendera Terbalik, Menpora Malaysia dan Indonesia Saling Bertemu

"Saya yakin Malaysia akan menarik dan menerbitkan buku baru, tapi jangan lama-lama. Kan gampang setting template-nya (buku panduan SEA Games) itu kan pasti ada," sambung Gatot.

Ia mencontohkan kasus lambang Kemenpora yang menempel di seragam Paskibra sebagai perbandingan kesalahan cetak di buku panduan SEA Games. Gatot menceritakan jika seragam Paskibra yang akan bertugas di Istana Presiden pada Upacara Kemerdekaan RI 17 Agustus lalu seharusnya tidak ada logo Kemenpora, meski di bawah naungan Kemenpora.

"Pak Imam punya contoh menarik, contohnya seperti Paskibra saja, hitungan jam sudah bisa dibuka (logo Kemenpora-red). Kemarin sempat muncul logo Kemenpora di seragam Paskibra, karena tradisinya tidak ada lambang Kemenpora, jadi logo harus dicabut" beber Gatot.

"Sehari sebelumnya (16 Agustus) pukul 21:00 WIB Menpora memerintahkan logo harus dicabut, karena itu memang tidak pernah ada dalam tradisi Paskibra terpasang logo Kemenpora. Itu hanya hitungan jam sebelum pengibaran bendera. Buktinya bisa," tutup Gatot.

Video: Merasa Dicurangi Wasit, Timnas Sepak Takraw Putri Pilih Walk Out
 


(RIZ)